Kunjungan Kerja Kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat di KP Muktiharjo

Muktiharjo - Kegiatan ini merupakan kunjungan pertama Kepala Balai di KP Muktiharjo pada tanggal 4 Maret 2018. Kegiatan diawali dengan pertemuan Kepala Balai dengan seluruh PNS dan harian kontrak yang ada di KP Muktiharjo. Pada kesempatan itu, Kepala kebun menyampaikan seluruh fasilitas yang ada, masalah yang dihadapi, dan peluang usaha yang bisa dilakukan di KP Muktiharjo.

Secara umum terdapat 3 kendala besar yang sedang dihadapi KP Muktiharjo yaitu kurangnya lahan untuk penelitian yang akan dilaksanakan di KP Muktiharjo. Pagar kawat berduri yang berfungsi sebagai pengamanan aset kebun mulai rusak. Lahan jati seluas 2 Ha yang sering terjadi kebakaran dan tanaman kapuk petak contoh yang terlalu luas. Kepala Balai menyampaikan beberapa solusi yang bisa dilakukan seperti lahan jati yang merupakan non inventaris kebun bisa dilelang untuk memperluas lahan di KP Muktiharjo. Pohon kapuk yang terdapat di lahan petak contoh masih dalam pertimbangan agar bisa ditebang asalkan terdapat duplikat dari masing-masing aksesi dan masalah pagar kawat berduri yang rusak dapat diperbaiki dengan mengajukan proposal ke balai. Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau fasilitas kebun, rumah gula, dan rumah kasa.

Bapak Kepala Balai meninjau bangunan rumah kaca baru di KP Muktiharjo. Beliau memberikan saran pemanfaatan Green house. Bangunan yang pertama diposisi sebelah barat dapat digunakan untuk aklimatisasi karena hama penyakit tidak dapat masuk, karena bangunan tertutup semua. Kemudian bangunan yang berada ditengah dimanfaatkan untuk penyimpanan benih G1 sebelum ditanam ke lahan dan meninjau system pengairannya. Bangunan ketiga di sebelah timur digunakan untuk rumah perbenihan.

Bapak Kepala Balai juga meninjau rumah gula yang terdiri dari mesin giling pemerah tebu dan mesin pembuatan gula cair. Akan tetapi mesin pembuatan gula cair belum dioperasikan karena masih perlu ditetapkan standar prosedur penggunaannya. Kepala balai akan memfasilitasi pelatihan cara penggunaan mesin tersebut, beliau juga menyarankan agar pegawai baru ditugaskan di KP Muktiharjo untuk mempelajari pengoperasian mesin tersebut dan menularkan ilmunya ke karyawan yang lain.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Database :

Sosial media

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1257
Pengunjung Bulan Ini30962
Total Kunjungan535109
Statistik created: 2018-09-25T19:20:05+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.