Grobogan Pertama Kali Panen Padi di Bulan Januari

Areal yang dipanen seluas 60 Ha yang telah menggunakan sistem pertanaman jajar legowo 5:1, sementara pola tanam yang biasa digunakan adalah padi-palawija-padi atau padi-padi-palawija.

Usai panen, Kepala Balitbangtan mengaku senang dengan hasil panen di Grobogan ini. “Di Grobogan, khususnya Kecamatan Penawangan sebelumnya tidak pernah panen di bulan januari seperti ini, dan dihamparan tadi panennya bagus, dengan produktivitas 7 hingga 9 ton” jelas Kepala Balitbangtan.

Teknologi mekanisasi juga telah menyentuh petani di daerah ini, penggunaan combine harvester menurut petani setempat bisa mengatasi kelangkaan tenaga kerja yang biasa terjadi di wilayah itu. Penggunaan mekanisasi ini juga bisa meminimalisir kehilangan hasil sehingga petani bisa menikmati hasil yang lebih tinggi.

Sebelum beranjak, Kepala Balitbangtan juga menyerahkan bantuan benih padi varietas Inpari 42 dan 43 sebanyak 2 ton kepada perwakilan kelompok tani. “Benih yang dipakai rata-rata masih yang lama seperti Ciherang, yang semakin lama kualitasnya akan semakin menurun. Sehingga pemerintah menyediakan benih untuk memperbaiki kualitas hasil dan meningkatkan produksi pertanian” tambah Kepala Balitbangtan. (Ybh)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini599
Pengunjung Bulan Ini28737
Total Kunjungan571806
Statistik created: 2018-10-17T07:04:19+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.