BIMTEK PEMBANGUNAN KBD TEBU DI KAB. DOMPU, NTB

 

Dompu - Bimbingan Teknis (BimTek) Pembangunan Kebun Benih Datar (KBD) Tebu dilaksanakan oleh UPTD Balai Benih Tanaman Perkebunan (BBTB) Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB, di Desa Beringin Jaya, Kec. Pekat, Kab. Dompu, NTB, pada tanggal 5-6 April 2018. Kegiatan dilaksanakan di lokasi uji adaptasi varietas tebu yang merupakan kerjasama BBTP dan Balittas, yang berada di wilayah pengembangan tebu petani. Kegiatan diikuti oleh petugas teknis prov.NTB, petugas teknis Kab.Dompu, petugas pendamping perkebunan (TKP3/PLP), petani mitra KBD, dan pimpinan serta petugas teknis dari pabrik gula PT.Sukses Mantap Sejahtera (SMS).

Kegiatan bertujuan untuk: Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan petugas teknis provinsi/kabupaten, petugas lapangan dan petani untuk budidaya dan penyediaan benih tebu secara berjenjang maupun untuk produksi tebu giling. Program KBD th.2018 mencakup 125 ha dengan target pengembangan untuk 3000 ha KTG. Pimpinan/Direktur PT.SMS (Bpk.Yohans) sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, dan berharap bertambahnya areal tebu di Kab.Dompu untuk memenuhi kapasitas pabrik yang membutuhkan areal tebu 15.000 ha, dimana baru mencapai 3.000 ha.

Sebagai acara inti dalam kegiatan BimTek ini Tim Balittas menyampaikan 3 materi: Pengenalan varietas tebu adaptif di wilayah pengembangan baru (Dr. Emy Sulistyowati); Teknik budidaya tebu untuk produksi benih dan tebu giling di lahan kering (Dr. Budi Hariyono); dan Hama dan penyakit tebu serta teknik perawatan benih tebu bebas penyakit (Dr. Titiek Yulianti). Dari diskusi dicapai kesepakatan pelaksanaan kebun benih sesuai persyaratan SNI, perlu upaya perbaikan kualitas lahan, dan penerapan teknik pengendalian hama penyakit tebu yang baik. Kegiatan Bimtek dilengkapi dengan praktik di lapangan calon KBD, yakni persiapan lahan, persiapan benih, dan teknik penanaman. (Budi Haryono).

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Database :

Sosial media

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini19
Pengunjung Bulan Ini14076
Total Kunjungan486810
Statistik created: 2018-08-16T00:17:29+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.