Temu Lapang Akselerasi Transfer Teknologi Varietas Unggul Baru (VUB) Tembakau Madura

Balittas : Kegiatan Temu Lapang Akselerasi Transfer Teknologi Varietas Unggul Baru (VUB) Tembakau Madura dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2018 di Desa Por Dapor Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep. Lokasi kegiatan temu lapang di pertanaman Demplot VUB Tembakau Madura. Temu Lapang dihadiri oleh sebanyak 100 orang terdiri dari stakeholder dari para pengambil kebijakan antara lain : Dinas Pertanian Kabupaten Sumenep dan Pamekasan, Muspika (Camat, Danramil, Kapolsek) Kecamatan Guluk-Guluk, Perangkat Desa setempat, pengelola industri tembakau/perwakilan pabrik rokok (PT Gudang Garam, PT Djarum, PT Sadhana, dan PT AOI), Peneliti dan Teknisi lapang Balittas, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Kecamatan Guluk-guluk, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Sumenep, petani kooperator dari Kelompok Tani dari Desa Lebbek dan Desa Klompang Barat Pakong Kabupaten Pamekasan serta petani kooperator dari kelompok tani Desa Por Dapor dan Bakeyong Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep, dan petani sekitar lokasi demplot VUB Tembakau Madura. Seluruh peserta meninjau pertanaman Demplot VUB tembakau Madura : Prancak T1 Agribun, Prancak T2 Agribun, Prancak S1 Agribun, dan Prancak S2 Agribun. Peserta melihat dan mengamati langsung penampilan serta menilai dan membandingkan kelebihan/kekurangan dengan varietas-varietas yang ada sebelumnya.

Sambutan Pembukaan Kepala Balittas diwakili oleh Ketua Program Tembakau

Acara kegiatan temu lapang Akselerasi Transfer Teknologi Varietas Unggul Baru Tembakau Madura terdiri dari, sambutan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumenep, Kepala Balittas, dan laporan panitia pelaksana oleh Ir. Teger Basuki, MP. sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan akselerasi, Pada kesempatan tersebut disampaikan juga selayang pandang mengenai Varietas Unggul Baru Tembakau Madura oleh Prof Dr. Suwarso dan Perlindungan VUB oleh Ibu Dr. Sesanti Basuki. Testimoni/kesan-kesan Petani diwakili oleh Pak Zaini dari Desa Bakeyong Guluk-guluk. Diskusi umum yang dipimpin oleh Dr Djajadi, Pertanyaan dari Peserta dan respon dari perwakilan pabrik rokok.

Selayang pandang VUB tembakau Madura oleh Prof Dr Suwarso Perlindungan VUB Tembakau oleh Ibu Dr. Sesanti Basuki

Hasil temu lapang mulai dari kunjungan lapang, selayang pandang, testimoni dan diskusi umum menunjukkan bahwa peserta merespon positif dengan adanya VUB tembakau Madura Prancak T1 Agribun, Prancak T2 Agribun, Prancak S1 Agribun, dan Prancak S2 Agribun. VUB tembakau Madura tersebut mempunyai kelebihan jumlah daun lebih banyak dibanding tetuanya Prancak 95 rata-rata 22-24 lembar daun/tanaman, sedangkan varietas Prancak 95 sebanyak 16-18 lembar daun/tanaman. Di lapang, pada kondisi budidaya optimal, jumlah daun VUB tersebut bisa mencapai 32 daun/tanaman, Kondisi kering kurang air/tidak optimal, jumlah daun tetap lebih banyak dibanding Prancak 95. VUB tembakau ini menghendaki kondisi budidaya optimal baik air dan hara cukup. Namun ada catatan bahwa VUB tersebut rentan terhadap penyakit lanas yang disebabkan oleh jamur Phytophtora nicotiane. Pada kondisi kering/kekurangan air, varietas unggul sebelumnya Prancak 95 masih menunjukkan penampilan yang lebih baik dibanding VUB tersebut. Hasil rajangan kering pada petik pertama VUB tembakau Madura tersebut dihargai Rp 62.000,-/kg dan lebih tinggi dibanding tetuanya Prancak 95 (Rp 48.000,-/kg). Oleh karena kondisi pertanaman belum selesai panen, maka penilaian akhir hasil dan mutu tembakau VUB tersebut masih menunggu hingga selesai panen prosesing dan grading mutu. Para stakeholder mengharapkan kepada Balittas bahwa VUB tembakau Madura tersebut perlu didukung oleh teknologi budidaya lainnya seperti berapa jarak tanam, kebutuhan air dan kebutuhan pupuk yang tepat. (Teger Basuki)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini589
Pengunjung Bulan Ini38687
Total Kunjungan581756
Statistik created: 2018-10-22T07:22:11+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.