Audit SMM – ISO Kp. Muktiharjo

Muktiharjo : Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 di Kebun Percobaan Muktiharjo merupakan Audit khusus sebagai penambahan ruang lingkup terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu yang dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat.

Audit dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 27 – 28 September 2018. Tujuan audit adalah meninjau pemenuhan perluasan ruang lingkup sertifikasi terhadap standar yang relevan, dan memastikan kesesuaian sistem manajemen mutu terhadap kriteria audit. Auditor dilaksanakan oleh PT. Mutuagung Lestari. Tujuan penerapan ISO adalah untuk memantapkan kelembagaan dan memperbaiki manajemen Penelitian di Kebun Percobaan sesuai standar yang ditentukan, sehingga mampu memberikan dukungan dan kontribusi yang positif untuk menciptakan Agroinovasi.

Area audit meliputi: Pengendalian produksi dan Jasa, Pelepasan Produk dan Jasa, Pengendalian ketidaksesuaian terhadap keluaran, Informasi terdokumentasi, Pemeliharaan infrastruktur, Pendelegasian wewenang, Susunan organisasi Kebun, Kompetensi dan peningkatannya, Sasaran mutu kebun dan perencanaannya, Kebun Percobaan, Tahapan alur proses pelaksanaan penelitian, Evaluasi pelaksanaan Kegiatan penelitian, Analisa risiko dan peluang, Penyebab ketidaksesuaian internal dan eksternal, Kegiatan UPBS dan distribusi benih, Pemeliharaan tanaman plasmanutfah, dan Kunjungan langsung ke Lapang serta proses produksi Bioindustri.

Hasil Audit SMM – ISO terdiri dari: 1(satu) minor dan 7 (tujuh) saran. Kategori ketidaksesuaian (minor) harus segera dilakukan perbaikan dan mengirimkan bukti perbaikannya dengan batas waktu 2 bulan, sampai dinyatakan memenuhi syarat (close). Sedangkan untuk kategori saran harus tetap dilakukan perbaikan tetapi tidak harus dikirim ke Auditor, akan tetapi akan dilihat efektifitasnya pada saat audit berikutnya. (Moch. Machfud)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini589
Pengunjung Bulan Ini38687
Total Kunjungan581756
Statistik created: 2018-10-22T07:22:11+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.