Pengenalan Komoditas Mandat Balittas

Pengenalan Komoditas Mandat Balittas Sejak Dini

Komoditas mandat Balittas merupakan tanaman perkebunan yang tidak semua orang mengenal dengan baik. Berbeda dengan komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang mudah ditemui di lingkungan masyarakat pada umumnya. Padahal, komoditas mandat Balittas seperti tanaman pemanis (tebu, stevia, bit gula), tembakau, serat buah (kapas, kapuk), serat batang dan daun (kenaf, rami, abaca, agave, rosella) dan tanaman penghasil minyak industri (jarak pagar, jarak kepyar, wijen, kemiri sunan) juga berperan dalam bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia.

Untuk mengenalkan komoditas mandat Balittas tersebut, telah banyak dilaksanakan kegiatan seperti Open House, Kunjungan, Seminar, Pameran, dan lain sebagainya. Balittas telah banyak menerima kunjungan baik dari instansi pemerintah, petani, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Acara kunjungan yang baru-baru ini dilaksanakan di Balittas adalah kunjungan dari siswa-siswi SMP Negeri 2 Mojosari. Rombongan sejumlah 250 orang siswa dan 26 guru pendamping datang ke Balittas pada hari Rabu (7/1/15), yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMP N 2 Mojosari, Drs. Budi Mulyono, MM.

Kunjungan diterima oleh Kasie Jasa Penelitian, Ir. Moch. Machfud, MP. yang didampingi oleh Dra. Esti Sunaryuni dan Suminar Diyah N., STP. Dalam acara tersebut siswa-siswi sangat antusias menyakan tentang komoditas Balittas. Mereka banyak bertanya tentang tanaman yang belum pernah mereka lihat seperti stevia, wijen, tembakau, rosella, dan tembakau. Siswa-siswi juga diajak ke fasilitas laboratorium Balittas dan Kebun Percobaan Karangploso. Mereka sangat senang melihat-lihat tanaman dan juga fasilitas laboratorium.

Kunjungan lapang yang dipandu oleh Yusnu Haryono tersebut, mengajak siswa siswi untuk kenal lebih dekat dengan lembaga penelitian, kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya dan juga tanaman-tanaman yang dikembangkan untuk kegiatan penelitian. Selain mengenalkan tanaman komoditas mandat Balittas, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong ketertarikan pada bidang penelitian tanaman sejak dini, dan menanamkan kebanggaan siswa-siswi sebagai generasi muda bangsa Indonesia yang memiliki potensi yang besar dalam bidang penelitian tanaman.(isni 3 lestari)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini589
Pengunjung Bulan Ini38687
Total Kunjungan581756
Statistik created: 2018-10-22T07:22:11+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.