SEMINAR RUTIN BULAN OKTOBER 2015

Malang – Balittas kembali melaksanakan yang mengangkat topik “Pengembangan Bahan Bakar Nabati Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw)” dengan pembicara Dr. Ir. Moh. Cholid, MSc., dan “Pewarisan Sifat Warna Cangkang Biji pada Persilangan Wijen (Sesamum indicum L.) Kultivar ‘SBR3’x’SBR2’ dan ‘SBR3’xTurki ‘Det 36’” dengan pembicara Ibu Sri Adikadarsih, SP, MP.

Seminar diikuti oleh para Peneliti dan Teknisi Balittas dipandu oleh moderator Bapak Ir. Budi Santoso, MP. Pembicara pada kesempatan pertama adalah Ibu Sri Adikadarsih, SP, MP. Materi yang disampaikan tersebut adalah hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka penyusunan tugas akhir (Thesis).

Dalam presentasinya beliau menyimpulkan bahwa, 1) pola pewarisan warna cangkang biji wijen pada persilangan SBR3, SBR2, dan Det36 ditentukan oleh gen dominan, dimana warna cangkang biji coklat dominan terhadap yang putih; 2) pewarisan warna cangkang biji wijen mengikuti hukum Mendel, namun fenotipenya dipengaruhi oleh pengaruh genetik tetua betina.

Pada kesempatan presentasi selanjutnya, Dr. Ir. Moh. Cholid, MSc., menjelaskan tentang pengembangan kemiri sunan untuk bahan bakar nabati. Beliau menjelaskan bahwa, pengembangan kemiri sunan sebagai bahan baku bio-diesel kurang menguntungkan, terutama bila dibandingkan dengan harga solar (BBM) bersubsidi.

Menurut beliau, minyak kemiri sunan sebaiknya digunakan dalam bentuk crued oils sehingga lebih murah dan sebagai energi substitusi minyak tanah (mesin pengering tembakau) dan penggerak mesin diesel sederhana. Usahatani kemiri sunan masih pada tahap awal, sehingga baru dapat dilihat dampak ekologisnya, sedangkan dampak ekonomisnya baru dapat dilihat pada umur produktif 5-6 tahun, pengembangannya ke petani masih mengalami kendala. (isni 3 lestari)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini589
Pengunjung Bulan Ini38687
Total Kunjungan581756
Statistik created: 2018-10-22T07:22:11+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.