Gen Penyandi Enzim Putresin N-Metiltransferase

Karakterisasi Gen Penyandi Enzim Putresin N-Metiltransferase: Enzim Kunci dalam Biosintesis Nikotin pada Tembakau

Malang – Balittas menyelenggaran Seminar Rutin pada hari Kamis (14/04/2016) di Aula Jatropha, Balittas. Seminar kali ini mengangkat judul penelitian, Karakterisasi Gen Penyandi Enzim putresin N-metiltransferase: Enzim Kunci dalam Biosintesis Nikotin Pada Tembakau (Nicotiana tabacum) dengan pembicara Dr. Ir. Sesanti Basuki, MPhil. Judul tersebut merupakan Desertasi Ibu Sesanti pada Program Doktoral (S3) IPB.

Dalam presentasinya, dia menyampaikan bahwa tujuan penelitian yang dilakukannya adalah untuk mengisolasi fragmen gDNA dan cDNA dari gen PMT asal tembakau lokal menggunakan primer degenerate dan mengkarakterisasi fragmen gen PMT menggunakan pendekatan genomik. Dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. Protein kandidat gen Ntpmt_Sindoro1 diduga menyandikan enzim putresin N-metiltransferase yang terkait dalam biosintesis nikotin pada tanaman tembakau, dan
  2. Kandidat gen Ntpmt_Sindoro1 adalah gen PMT3 yang berasal dari tembakau lokal varietas Sindoro1

Sekuen kandidat gen Ntpmt_Sindoro1 terdaftar pada bank gen NCBI (National Centre for Biotechnology Information), untuk sekuen DNA genom dengan nomor aksesi JQ438825 dipublikasikan sejak tahun 2012 dan sekuen cDNA dengan nomor aksesi JX978277 telah dipublikasikan sejak tahun 2013.

Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk deteksi dini kadar nikotin tembakau pada fase pembibitan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mendukung pengembangan tembakau dengan kadar nikotin rendah.

Dalam seminar ini juga disampaikan materi dengan judul Peran Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dalam Menginduksi Ketahanan Tanaman Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) terhadap Nematoda Puru Akar (Meloidogyne incognita) dengan pembicara Kristiana Sri Wijayanti, SP, MP. (Isni)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1451
Pengunjung Bulan Ini37639
Total Kunjungan580708
Statistik created: 2018-10-21T18:19:06+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.