Percepatan Penyehatan Lahan Berbasis Mikroba

 

Sebagian besar tanah di Indonesia mengalami kerusakan. Sekitar 65 % kondisinya sakit, 30% agak sehat, dan hanya 5 % saja yang kondisinya sehat. Ciri - ciri tanah yang sakit humusnya tipis, kasar, biota rendah, pH non netral. Hal tersebut diungkapkan oleh Bapak Dr. Anton Muhibuddin, dosen dan peneliti dari Fakultas Pertanian Univ. Brawijaya pada acara Seminar Lingkup Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat. Acara tersebut diselenggarakan pada Rabu tanggal 10 Agustus 2016 di Aula Jatropha.

Bapak Anton menambahkan, penyebab kerusakan tanah di Indonesia karena pertambangan, pupuk dan pestisida kimiawi, erosi, dan industri. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menerapkan konsep metode cawan nutrisi atau Soil Drive Nutrient (SDN).

Sistem tanam SDN merupakan integrasi dari sinergisme mikroba dengan tanaman tertentu yang ditanam secara tumpangsari. Konsep tersebut merupakan penggabungan antara pembentukan jaringan perakaran dalam tanah antara dua-tiga jenis tanaman dengan perakaran yang berbeda dan Vascular Arbuscular Mycorrhizae (VAM) atau mikoriza yang spesifik bersimbiose dengan tanaman-tanaman tersebut. Mikoriza bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi - mineral tanaman, meningkatkan toleransi terhadap cekaman abiotik, dan melawan patogen tular tanah.

Bapak Anton telah melakukan kegiatan penyehatan lahan di beberapa wilayah di Indonesia dengan mengaplikasikan metode SDN seperti di Bangka Induk yang merupakan daerah bekas tambang timah. Hanya dibutuhkan waktu selama 4 bulan untuk menyuburkan lahan tersebut, dibuktikan dengan tanaman jagung yang tumbuh subur. Menurut beliau, dengan sistem SDN, setelah 2-3 tahun tidak perlu pupuk karena mikoriza akan menambang simpanan nutrisi dalam tanah.

Selain materi tentang Percepatan Penyehatan Lahan Berbasis Mikroba, pada acara Seminar tersebut, beliau juga menyampaikan materi Pemanfaatan Mikoriza dalam Mendukung Kedaulatan Pangan. (Isni)

Artikel Terbaru

Bronesia 1

12 Desember 2018

Kanesia 22

27 Agustus 2018

Kanesia 21

26 Agustus 2018

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini231
Pengunjung Bulan Ini18200
Total Kunjungan667971
Statistik created: 2018-12-15T03:31:28+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.