Partisipasi BALITTAS dalam "Open House BPTP NTB"

Open House Inovasi Teknologi Pertanian dalam rangka Pengelolaan Publikasi dan Promosi Hasil Penelitian

Mataram – Balittas mengikuti Pameran gelar teknologi unggulan komoditas strategis nasional yaitu padi, jagung, tebu kedelai, bawang merah, cabai, dan sapi dilaksanakan dalam rangka Open House Inovasi Teknologi Pertanian Provinsi NTB di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB. Acara digelar selama 2 hari yaitu tanggal 27–28 September 2016, dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin.

Pada kesempatan tersebut beliau menyatakan bahwa sebagai daerah penyangga pangan nasional, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memprioritaskan sektor pertanian sebagai sektor utama dalam pembangunan daerah. Selanjutnya H. Muh. Amin berpesan bahwa sejalan dengan dinamika pembangunan pertanian saat ini, pembangunan pertanian di NTB harus mampu menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi dsn system kelembagaan pertanian yang kuat sebagai mesin penggerak utamanya. Beliau juga menyampaikan, perhatian kepada pengembang teknologi salah satunya teknologi bio-industri yang ramah lingkungan dan berorientasi kepada kebutuhan pengguna untuk kemandirian petani.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB Dr. Ir. Moh. Saleh Mokhtar, MP., menjelaskan, kegiatan Open Hause Teknologi Pertanian di Provinsi NTB merupakan rangkaian kegiatan ekspose dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengkajian Badan Litbang Pertanian mendukung Upsus Swasembada komoditas strategis Nasional.

Pameran agro inovasi diikuti sekitar 30 stand, baik dari UK/UPT lingkup Litbangtan termasuk Balittas, dinas, LIPI, swasta, dan kelompok tani. Balittas menampilkan 1) Alat (Bud chiper atau alat pencukil mata tunas untuk pembibitan tebu manual, alat pengukur brix), Tanamanm (tebu dan agave), bibit tebu (pengembangbiakan bibit tebu dengan sistem kultur jaringan (G0) dilanjutkan dengan sistem bud chips G1, dan G2), banner (Tebu Juring Ganda, Roselindo, Tembakau Virginia, Wijen, Kemiri Sunan), publikasi (buku saku varietas, leaflet tebu dan tembakau).

Di samping itu Balittas juga menyajikan produk olahan dari wijen (keciput dan minyak wijen); teh dari rosela; pestisida nabati biji mimba, serbuk biji mimba, dan ekstrak biji mimba (OrgaNeem); contoh benih rosela (Roselindo 1, 3, dan 4); benih wijen (Sbr 1, Winas 1, dan winas 2 yang dikemas untuk keperluan luasan 200 m2). Benih-benih tersebut dibagikan kepada pengunjung pameran.

Pengunjung yang kebanyakan siswa dan mahasiswa cukup antusias dengan materi yang disajikan oleh Balittas. Petani dari Sumbawa, Pak Dogel, berkelompok akan menanam tebu seluas 10 ha, mohon arahan mengenai varietas yang tepat dan cara mendapatkan benihnya. (cs)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1453
Pengunjung Bulan Ini37641
Total Kunjungan580710
Statistik created: 2018-10-21T18:25:09+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.