“Komersialisasi Produk Kekayaan Intelektual”

Malang – Balittas melaksanakan seminar “Komersialisasi Produk Kekayaan Intelektual” dengan narasumber Prof. Sugiono Moeljopawiro. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Jatropha, Balittas pada hari Jum'at, 21 Oktober 2016. Acara dibuka oleh Kepala Balittas, Ir. Emy Sulistyowati, MAg., PhD.

Dalam presentasinya, Prof. Sugiono menyampaikan bahwa perlindungan varietas tanaman (PVT) sangat penting karena kegiatan pemuliaan memerlukan waktu yang lama dan dana yang besar, akan tetapi varietas tanaman yang dihasilkan dapat diperbanyak dengan cepat dan mudah oleh siapapun. Oleh karena itu para pemulia perlu PVT untuk mendapatkan kembali investasinya.

PVT adalah perlindungan khusus yang diberikan negara terhadap varietas tanaman yang dihasilkan oleh pemulia. Beliau juga menyampaikan bahwa PVT merupakan monopoli terbatas yang diberikan negara kepada pemulia/pemegang hak PVT untuk menggunakan sendiri atau memberi persetujuan kepada orang lain untuk menggunakannya.

Menurut Prof. Sugiono, manfaat PVT sebagai berikut (1) meningkatkan jumlah dan kecepatan perakitan varietas unggul baru yang kompetitif; (2) meningkatkan daya kompetisi industri benih; (3) secara bertahap akan mampu membendung membanjirnya produk-produk impor; (4) meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani, (5) membuka lapangan kerja baru.

Selain menjelaskan tentang PVT, beliau juga menyampaikan tentang produk indikasi geografis (IG). Indikasi geografis dipengaruhi oleh lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, yang memberikan karakteristik dan kualitas tertentu suatu produk. Produk yang berpotensi menjadi Produk IG adalah buah-buahan, makanan daerah, kerajinan tangan.

Manfaat IG adalah untuk perlindungan produk, perlindungan mutu produk, memberikan nilai tambah produk, pendorong pembangunan pedesaan, mendorong pelestarian SDG, dan pengembangan agrowisata. (isni)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1132
Pengunjung Bulan Ini12854
Total Kunjungan662625
Statistik created: 2018-12-11T21:41:48+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.