Studi Banding

KUNJUNGAN KERJA DISBUN KAB. TAKALAR

Malang : Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di daerahnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar melaksanakan studi banding sebanyak 48 orang yang terdiri dari petani dan petugas ke Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat pada tanggal 2 November 2017. Kepala Dinas Perkebunan Kab. Takalar, Dr. H.M. Najib Kasim, MSi, menyampaikan permasalahan di lapang terkait tebu di Kabupaten Takalar, yaitu: rendemen tak menentu, kondisi tanah yang kurang bagus, serta komoditas kapas yang pertumbuhannya kurang optimal.

Prof. Dr. Subiyakto, penanggung jawab program penelitian tanaman pemanis di Balittas, menanggapi permasalahan di Takalar dan menyampaikan bahwa: di P. Jawa untuk menentukan rendemen dilakukan core sampler. Selama ini bagi hasil tebu antara petani dan Pabrik Gula di Takalar 60:40. Lebih lanjut, Prof. Nurindah, penanggungjawab program penelitain tanaman serat mengemukakan sebaiknya konsep pengembangan kapas di Kabupaten Takalar harus “market oriented”.

Masalah yang dihadapi dalam pengembangan kapas di Kabupaten Takalar salah satu pengusaha (Bpk. Syarifuddin), mengemukakan beberapa hal, antara lain: Umur kapas panjang, banyak hama; Sarpras tidak memadai (masalah pupuk); Produksi dan harga rendah. Tangapan Prof. Nurindah: Kanesia 8 : jika cukup air maka akan terus berbunga dan berbuah. Selain Kanesia 8, umurnya pendek (90hari). Jika tdk ada air, maka tanamannya akan fokus pada pembentukan bunga dan buah. Minat menjadi kendala utama dalam pengembangan kapas. Minat ini terkait dengan harga jual yang rendah sehingga petani tidak mau mengembangkan kapas.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Database :

Sosial media

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1221
Pengunjung Bulan Ini29249
Total Kunjungan533396
Statistik created: 2018-09-24T17:50:39+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.