Training Irigasi Tebu Di Thailand

Pada tanggal 12-13 Maret 2018, peneliti BALITTAS, Roni Syaputra, SP. mengikuti training irigasi tebu di Thailand. Bentuk kegiatan training mencakup seminar dan kunjungan lapang (field trip). Training irigasi tebu ini dibutuhkan karena beberapa tahun terakhir pengembangan tebu di Indonesia dilakukan di lahan kering, sehingga air sebagai faktor pembatas sangat berpengaruh terhadap produktivitas tebu. Thailand sebagai salah satu negara pengekspor gula di dunia telah menerapkan teknologi irigasi untuk mencukupi kebutuhan air tanaman tebu.

Kegiatan pada hari pertama adalah Seminar Teknis dengan narasumber dari NETAFIM dilaksanakan di Bangkok. Dalam seminar tersebut dijelaskan tentang efektifitas dan efisiensi air dengan drip irrigation dibandingkan sistem irigasi yang lainnya. Pada sistem drip irrigation juga bisa dilakukan secara bersamaan pemupukan untuk jenis pupuk yang mudah larut di dalam air seperti Urea dan KCl yang dikenal dengan istilah fertigation, sedangkan untuk pupuk yang lambat larut seperti NPK diaplikasikan di tanah.

Pada hari kedua dilakukan kegiatan kunjungan ke lahan tebu distrik Dankhuntod, Nakhonratchasrima, yang termasuk lahan suboptimal yang sangat membutuhkan irigasi untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu. Dari hasil kunjungan lapang terlihat jika dilakukan pengairan dengan baik, tanaman tebu tumbuh dengan optimal tetapi jika tidak diairi dengan baik terlihat pertumbuhan tebu yang terhambat, ruas tebu lebih pendek

Dari hasil seminar dan kunjungan lapang yang diikuti oleh peneliti Balittas di lahan petani tebu di Thailand ini, diharapkan juga dapat dikembangkan di lahan tebu suboptimal di Indonesia, sehingga produktivitas tebu dan gula nasional bisa ditingkatkan dalam upaya mewujudkan swasembada gula nasional.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Sosial media

Pencarian

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1136
Pengunjung Bulan Ini12858
Total Kunjungan662629
Statistik created: 2018-12-11T21:47:52+07:00
UNITED STATES
US

Please publish modules in offcanvas position.