Sertifikat ISO 9001:2008 dan LP-600-IDN

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat kembali memperoleh pengakuan dari lembaga sertifikasi PT. Mutu Agung Lestari dengan nomor serifikat QMS/209 (masa berlaku 20 Agustus 2013–19 Agustus 2016) dengan ruang lingkup : Tata Usaha, Pelayanan Teknik, Jasa Penelitian dan Kebun Percobaan). Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan pada acara Peringatan Hari jadi Balittas ke-46 pada tanggal 3 Januari 2014 di Aula Jatropha. Sertifikat ISO 9001:2008 diserahkan oleh Sekretariat ISO Balittas kepada PLH Kepala Balai.

Pelaksanaan SMM-ISO 9001:2008 merupakan Program Penyempurnaan Ketatalaksanaan organisasi dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Kementerian Pertanian. Dalam upaya menjaga mutu dan kualitas pelayanan, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat diharapkan mampu memberikan performa yang baik dan profesional sesuai Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 untuk mendukung terlaksananya program pemerintahan yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Selain sertifikat ISO 9001:2008, Laboratorium Pengujian Mutu Benih Balittas juga sudah dinyatakan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) tanggal 12 Mei 2012 dengan nomor sertifikat LP-600-IDN dengan ruang lingkup pengujian kadar air dan daya berkecambah benih. Laboratorium benih melakukan pengujian benih tembakau, kapas, kenaf, wijen, jarak kepyar, dan jarak pagar yang merupakan komoditas mandat Balittas. Laboratorium Benih Balittas juga menerima permohonan pengujian benih komoditas yang sama dari instansi lain dengan biaya dan waktu yang telah ditentukan.

Laboratorium Pengujian Mutu Benih Balittas sebagai unit komersialisasi hasil dan jasa penelitian lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian diharapkan mampu memberikan jaminan mutu terhadap hasil-hasil penelitiannya dan mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional melalui proses akreditasi. Jaminan mutu dan akreditasi dapat dicapai dengan menerapkan Good Laboratory Practice dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari yang mengacu pada standar ISO/IEC 17025:2008.(Isni Tri Lestari)

 

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.