Field Trip - Disbun Tk.1 Prov. Jawa Timur

Malang – Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) dalam rangka Field Trip Disbun Jatim pada tanggal 26 September 2018. Rombongan diikuti oleh para petugas dan petani dari 11 kabupaten penghasil tembakau di Jawa Timur sebanyak 120 orang.

Rombongan diterima oleh Dr. Ir. Sesanti Basuki M.Sc mewakili Kepala Balittas sekaligus sebagai pemulia tembakau dan Ir. M. Sholeh di Aula Jatropha Balittas. Acara field trip diawali dengan sambutan dari Kepala Seksi Tanaman Tembakau Disbun Tingkat I Jatim, Ir. Hariyanto, dilanjutkan oleh Bu Sesanti Basuki mewakili Kepala Balai, dan menyampaikan materi pembekalan mengenai pemurnian varietas.

Materi yang disampaikan menekankan mengenai kemurnian varietas tembakau yang merupakan salah satu mandat komoditas Balittas. Seringkali banyak oknum yang tidak bertanggung jawab atau karena kurangnya pemahaman sehingga terjadi penggantian nama, mencampur, bahkan menggandakan varietas.

Acara dilanjutkan oleh pembekalan materi oleh Pak Sholeh mengenai Good Tobacco Practices (GTP), dimana Budi Daya Tembakau Berdasar GTP, yang berisi pembahasan mengenai pemilihan lokasi, kemurnian benih, serta budi daya antara lain, waktu tanam, jarak tanam, pemupukan, pemeliharaan, panen dan prosesing. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. (Admin)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.