Petani Tembakau Kabupaten Sumba Barat Daya Magang di Balittas

Malang – Balittas menerima kunjungan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pemkab. Sumba Barat Daya, pada hari Senin 1 Oktober 2018 dalam rangka Magang Petani Tembakau. Acara magang tersebut dihadiri oleh 20 orang petani perwakilan Kab. Sumba Barat Daya.

Pemateri dalam magang tersebut adalah Ir. Mochammad Sholeh dan Ir. Joko Hartono. Ir. Mochmammad Sholeh memberikan materi mengenai Good Tobacco Practices, dimana budi daya tembakau berdasar Good Tobacco Practices seringkali mengacu pada pemilihan lokasi yang sesuai, pemilihan varietas serta kemurnian benih, serta cara budi daya yang seringkali dipengaruhi oleh waktu tanam, jarak tanam, pemupukan, pemeliharaan, panen dan prosesing.

Acara magang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ir. Joko Hartono, dengan materi Teknik Panen dan Pengolahan Pasca Panen Tembakau. Penanganan panen, terbagi dalam penentuan kemasakan daun serta prosesi pemetikan daun. Pengolahan pasca panen yang merupakan upaya dalam menyelamatkan atau meminimalisasi sisa tembakau yang telah dipetik hingga menjadi tembakau yang siap untuk dipasarkan. Proses pengolahan pasca panen tersebut terdiri dari sortasi, pemeraman, perajangan, pengeringan, dan pembungkusan. (Admin)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.