Hari Perkebunan Nasional ke 56

. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengabdian dan peran para pelaku pembangunan perkebunan dalam melaksanakan pembangunan perkebunan secara berkelanjutan.

Balittas berperan serta pada acara pameran dan bazaar produk perkebunan ini, dengan menampilkan mesin Bud chips (mesin untuk mengambil mata tunas bibit tebu), persemaian tray umur 4 bulan, Bio pertisida (Organem, Biobas, dan Biobes), contoh benih varietas unggul (jarak pagar, jarak kepyar, kapas, kenaf, rosella dan rami), contoh minyak industri (minyak jarak pagar, jarak kepyar, kemiri sunan, minyak wijen, dan minyak bunga matahari), banner (teknologi bercocok tanam tebu juring ganda), dan publikasi Balittas.

Dalam kesempatan tersebut, Balittas juga memperagakan/demo mesin bud chips, demo ini mendapat respon yang cukup bagus dari para pengunjung stand. Wakil Menteri Pertanian didampingi Wagub Jateng, Wagub Palembang, Bupati Semarang, dan Kadisbun Propinsi dan Kabupaten.didampingi berkenan mengunjungi stand Balittas.

sangat menarik perhatian pengunjung terdiri dari unsur petani, mahasiswa dan dosen, UKM dan pejabat dilikup pemda maupun BUMN. Balittas menyampaikan metoda pembibitan tebu bud chip mulai penanganan dari kebun induk , tingkat efisiensi penyediaan bibit dari kebun induk, pengambilan mata bud chips, perlakuan selama di pembibitansampai bibit siap dipindahkan ke lapang. Juga pertumbuhan pertanaman dan pembentukan anakan tebu setelah dipindahkan ke lapang.

Peringatan hari perkebunan ini bertujuan untuk mensosialisasikan peran pembangunan perkebunan di tingkat nasional, regional dan lokal sampai ke masyarakat luas, dengan berorientasi pada pembangunan berkelanjutan. Disamping itu untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat perkebunan terhadap upaya penyelesaian permasalahan pembangunan ekonomi nasional dan regional, serta mengaktualisasikan dukungan dan partisipasi perkebunan dalam mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia.

 

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.