Expo Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) III

Jln. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. ENIP III dibuka secara resmi oleh Menko Perekonomian Ir. Hatta Radjasa, dengan mengusung tema: “Perkebunan Sebagai Pilar Strategis Green Economy Nasional”.

Balittas berpartisipasi menampikan inovasi teknologi dalam ENIP III ini, yaitu:

  • Stand Pameran Teknologi : 
    1. Materi teknologi untuk mendukung Swasembada Gula: a. Bibit kuljar (mulai kalus s.d. aklimatisasi); b. Bibit bud chip; c. budchipper manual, dan mesin; d. Alat Klentek, dan e. Poster (Perakitan varietas unggul tebu mendukung tercapainya swasembada gula nasional dan Peta penataan varietas tebu).
    2. Materi teknologi bioenergi dan serat: a. Kultur jaringan abaca (dari kalus s.d. aklimatisasi); b. Biodiesel kemiri sunan; c. Bio-processing kenaf (visualisasi teknologi Retting kering); d. Produksi Bioetanol Generasi II dari limbah tebu; dan poster (Program Penelitian Jarak Pagar dan Kemiri Sunan).
  • Stand indoor :
  • Demo: teknologi bibit Bud Chip, menggunakan alat bud chip manual dilaksanakan pada hari Jum’at tgl 30 Agustus 2013 jam 15.00 – 16.30 WIB.
  • Produk: benih unggul, bio-char, bio-decomposer, peskabel, organeem, Trichogramma, HaNPV, SlNPV, dan teh rosela.

Pengunjung stand pameran cukup banyak, pada umumnya banyak yang tertarik dengan teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Khusus teknologi Balittas yang banyak menarik pengunjung utamanya adalah: Produksi bioetanol generasi II, teknologi retting kering, biodisel dari kemiri sunan, dan bibit kultur jaringan.



infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.