Pelatihan Pembuatan Silase dan Instalasi Biogas

Malang – Pada hari Jumat (27/3/15) Balittas mengadakan pelatihan pembuatan silase dan instalasi biogas dengan nara sumber Bapak Ludy Kartika Kristianto, SPT., MP. dari BPTP Kalimantan Timur. Acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Balai dan dihadiri oleh para Peneliti, Kepala KP, dan juga Teknisi lingkup Balittas.

Acara dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Aula Jatropha untuk penyampaian presentasi dan diskusi, dan di KP. Karangploso untuk praktek lapangan pembuatan silase. Materi presentasi yang disampaikan antara lain “Teknologi Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi Biogas untuk Kompor dan Listrik” dan “Pengolahan Pakan Lokal (Silase)”.

Pelatihan ini dilaksanakan guna memperkuat pengetahuan dan kegiatan penelitian terkait bio-industri yang saat ini dikembangkan oleh Balittas. Sebelumnya telah dilaksanakan seminar tentang Pengelolaan Sistem Tebu-Ternak, dan beberapa seminar bertema bio-industri lainnya.

Ludy Kartika Kristianto, SPT., MP. adalah salah satu peneliti bidang peternakan di BPTP Kaltim yang telah berhasil melakukan pendampingan desa mandiri energi di Kutai, Kalimantan Timur. Menurut beliau, pengembangan biogas dapat membantu daerah-daerah tertinggal yang tidak dialiri listrik.(isni 3 lestari)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.