SEMILOKA NASIONAL TANAMAN PEMANIS, SERAT, TEMBAKAU, DAN MINYAK INDUSTRI, 10 OKTOBER 2012

Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Nasional Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri telah dilaksanakan oleh Balittas pada tanggal 10 Oktober 2012 di Malang. Seminar ini mengambil tema “Inovasi Teknologi Mendukung Swasembada Gula dan Peningkatan Produktivitas Tanaman Serat, Tembakau, dan Minyak Industri. Acaradibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, yang diwakili oleh Bapak Dr. M. Syakir, dan dihadiri oleh 194 orang peserta yang berasal dari instansi-instansi terkait dengan Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri yang terdiri dari kalangan pembuatan kebijakan dari Kementerian Pertanian, Perindustrian, usahawan, pejabat dinas perkebunan Propinsi dan Kabupaten/Kota, peneliti, penyuluh dan dosen, serta pemerhati tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri.

Dalam seminar tersebutdi sampaikan 7 makalah utama dan 74 makalah penunjang. Makalah utama, yaitu:

  1. Strategi Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau, danMinyak industri dalam Mendukung Empat Sukses Kementrian Pertanian (Dr. M. Syakir, Badan Litbang Pertanian) 
  2. Program Aksi Percepatan Pengembangan Tebu Nasional untuk Mendukung Swasem bada Gula 2012 (Dr. AgusHasanuddinRachman, MS, Ditjen Perkebunan)
  3. Strategi PT Perkebunan Nusantara X dalam Meningkatkan Rendemendan Produktivitas Tebu (Ir. Syahrial Koto, PTPN X) 
  4. Status Penelitian Bioteknologi Tebu di PT Perkebunan Nusantara XI (Prof. Dr. Bambang Sugiharto, MSc, PTPN XI) 
  5. Hasil-hasil Penelitiandan Diseminasi Tanaman Tebu (Dr. ArisToharisman, P3GI) 
  6. Pengalaman PT GunungMadu Plantation dalam Pengembangan Varietas Unggul Tebu (Endah Susiyanti, SP, PT Gunung Madu Plantation) 
  7. PolaKemitraandalamPengembanganTebu Rakyat (Ir. NDA Wijayanto, PT KebonAgung)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.