“SISTEM INFORMASI HAMA, MUTU, KESUBURAN TANAH DAN PRODUKSI TANAMAN TEMBAKAU”

Malang – Seminar yang dilaksanakan lingkup Balittas pada awal tahun ini mengangkat topik “Sistem Informasi Hama, Mutu, Kesuburan Tanah dan Produksi Tanaman Tembakau” dengan pembicara tim Kuliah Kerja Nyata - Praktek (KKN-P) dari Universitas Brawijaya, dan moderator Ir. Djajadi, MSc., PhD. Seminar ini dilaksanakan pada hari Senin (18/01/2016) di Aula Jatropha.

Materi yang dipresentasikan tersebut merupakan hasil penelitian dalam rangka KKN-P yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Informatika di Balittas. KKN-P terdiri dari tiga tim yaitu, Tim Mutu Tembakau dengan anggota Ihwanudien Hasan Rabbani dan Hanum Maulida. Tim Hama Tembakau dengan anggota Wulan Sari Simarmata, Firdaus Dwika, Abdul Wafi. Tim Kesuburan Tanah dan Produksi Tembakau dengan anggota Ullum Pratiwi dan Ardana Prakasita Devi.

Dalam seminar ini terdapat tiga materi, yaitu materi tentang Sistem Informasi Mutu Tembakau dengan pembimbing dari Balittas, Ir. Joko Hartono; Sistem Informasi Hama Tembakau dengan dosen pembimbing Ir. Andi M. Amir; dan Sistem Informasi Kesuburan Tanah dan Produksi Tembakau dengan pembimbing Ir. Djajadi, MSc., PhD. Selain pembimbing dari Balittas, ketiga tim tersebut juga didampingi oleh Dosen Pembimbing, Bapak Arief Andy Soebroto, ST., MKom.

Hasil KKN-P yang dipresentasikan adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web yang menyajikan informasi tentang hasil penelitian tembakau yang dilakukan Balittas. Sistem ini dapat menjadi media informasi tentang tanaman tembakau yang dapat diakses oleh masyarakat. Dari sesi pemaparan materi yang dipandu oleh moderator, terdapat beberapa saran yang disampaikan oleh para peneliti Balittas, diantaranya pemutakhiran data; keakuratan data, penambahan citra satelit (isni 3 lestari)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.