STUDI BANDING PENELITI BALITTAS KE PUSLITBANG GULA PTPN X (Persero) JENGKOL, KEDIRI

 

Pada hari Rabu tanggal 11 April 2012, Balittas bersama dengan BPTP Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Gula PTP Nusantara X di Jengkol, Kediri. Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman masalah budidaya tebu dan mensinergiskan kegiatan penelitian di Balittas dengan penelitian Puslitbang Gula PTPN X.
Puslitbang Gula PTPN X melakukan penelitian yang arahnya untuk dapat diterapkan di lahan produksi PTPN X. Kegiatan penelitian pada umumnya mengarah pada produksi masal bahan tanaman, pupuk organik dan agens hayati. Kegiatan tersebut meliputi penelitian kultur jaringan, pemuliaan tanaman, pemupukan, hama dan penyakit. Penelitian kultur jaringan ditekankan pada teknik cepat produksi bibit. Selain itu, perbanyakan bibit juga dilakukan dengan adopsi teknologi dari Kolumbia, yaitu pembibitan dengan menggunakan bud chips dan bud set. Persilangan tebu untuk menghasilkan galur-galur dengan rendemen tinggi juga merupakan prioritas kegiatan. Penelitian pemupukan difokuskan pada produksi pupuk ornagik dengan bahan dasar blotong dan abu ketel yang dibuat kompos dengan menambahkan dekomposer. Penelitian hama difokuskan pada perbanyakan parasitoid telur, yang terdiri atas dua spesies (Trichogramma japonicum dan T. chilonis) dan parasitoid larva pupa (lalat jatiroto).
Hasil kunjungan ke laboratorium dan lapang dengan melihat langsung proses produksi bibit, pupuk organic, dan parasitoid serta penerapan di lapangan, peluang kerjasama penelitian antara Balittas dan PTPN X. Kerjasama yang dapat dilakukan antara lain pemanfaatan lahan PTPN X untuk kegiatan penelitian Balittas, pengembangan teknik pengendalian hama penggerek batang dan pucuk dengan menggunakan parasitoid, serta perbaikan teknik pembibitan dengan menggunakan bud chips. Oleh karena itu, kunjungan ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Balittas dan PTPN X. (nurindah)




Produksi massal parasitoid telur Trichogramma spp. dan lalat Jatiroto.




Produksi pupuk organik dengan bahan dasar blotong dan abu ketel (abu sisa pembakaran bagas tebu)


Pembuatan bud chips untuk bibit sistem satu mata.

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.