Aplikasi Statistika untuk Peneliti BALITTAS

oleh tim pengabdian masyarakat universitas brawijaya yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedyo, MS. Pelatihan tersebut dibuka oleh Prof. Dr. Subiyakto, ketua program tanaman pemanis sekaligus mewakili kepala balai yang saat itu tidak bisa hadir. Kemudian dilanjutkan dengan prolog materi oleh Prof. Henny dengan didampingi Bapak Djajadi, Ph.D sebagai moderator. Dalam pemaparannya, Prof. Henny menjelaskan perbedaan antara rancangan lingkungan RAL dan RAK serta syarat keseragaman data. Penjelasan tersebut disampaikan dengan gaya luwes, energik dan sedikit joke yang menggelitik, sehingga membuat suasana pelatihan manjadi santai namun tetap serius. 
Pada sesi kedua dilanjutkan dengan materi inti yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat UB dengan materi aplikasi software MINITAB, meliputi analisis statistika diskriptif, percobaan faktorial tidak lengkap, Central Composite Rotatable Design (CCRD) dan Rancangan AMMI untuk penelitian multilokasi. 
Suatu penyegaran baru bagi beberapa peneliti Balittas dalam memperkaya pengetahuan aplikasi software statistika untuk mempermudah analisa data hasil penelitian, terutama untuk kelompok peneliti pemuliaan, plasma nutfah dan perbanihan dalam penggunaan aplikasi AMMI sebagai alat analisa data multilokasi. Pelatihan diakhiri pada pukul 15.30 WIB. Besar harapan pelatihan ini memberikan banyak menfaat bagi peneliti Balittas untuk lebih memahami beberapa aplikasi software statistika dalam memudahkan analisis data penelitian.(Ully)

infografis

Terbitan