PERAN SERTA PENELITI BALITTAS PADA KONGRES IKAGI KE-X DI SURABAYA, 8 FEBRUARI 2012

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 63/Permentan/OT.140/10/2011 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), Pasal 2 menyatakan bahwa Balittas mempunyai tugas melaksanakan penelitian tanaman pemanis, serat, tembakau dan minyak industri. Masuknya mandat komoditas tanaman pemanis (tebu, stevia dan bit) para peneliti Balittas berusaha untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya untuk pengembangan komoditas mandat tersebut. Karena kegiatan tersebut berkaitan erat dengan peningkatan kualitas SDM, maka Balittas mengirimkan 28 peneliti dari berbagai disiplin ilmu untuk mengikuti acara tersebut.
Ikatan Ahli Gula Indonesia (IKAGI) menyelenggarakan kongres yang ke X ini diadakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8 dan 9 Februari 2012 di Grand City Surabaya Jl. Walikota Mustadjab Surabaya. Tema yang diangkat “ PENGEMBANGAN SDM DAN TEKNOLOGI DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI GULA NASIONAL”. Tujuan kongres IKAGI adalah untuk saling berbagi pengalaman dintara anggota IKAGI dan para pemangku kepentingan (Stakeholder) dalam bidang SDM, teknologi budidaya, teknologi proses dan pengadaan barang/jasa melalui :.

  1. Peningkatan kerja sama SDM dibidang on farm dan off farm. 
  2. Peningkatan aplikasi mesin di bidang on farm (alsintan) dan off farm untuk mencapai target perusahaan sesuai RKAP. 
  3. Penemuan varietas unggul baru yang tepat guna dalam rangka peningkatan kualitas tanaman tebu. 
  4. Pelaksanaan e-procurenment demi profesionalitas, tranparansi dan efisiensi proses pengadaan barang dan jasa.

Jumlah peserta diperkirakan 350 orang yang bersal dari anggota Asosiasi Gula Indonesia, para pelaku industri gula, pemerhati gula, pejabat pemerintah, peneliti, investor gula dan para petani tebu. Materi yang dibahas diseminar adalah :

  • 2 (dua) materi dari luar negeri yaitu dari STM PROJECTS LIMITIED INDIA (Review on mil performance in Java) dan dari SHUTEC Thailand (Extensification and intensification cane suger production in Thailand year 2011) 
  • 4 (empat) materi dari dalam negeri yaitu : 
- Keberhasilan PTPN 10 di tahun 2011.
- Pengembangan SDM oleh direktur SDM Jawa Pos 
- E-Procurement oleh RNI pusat 
- Best pratice tentang on farm dan off farm dari pabrik gula terbaik

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.