Pengembangan Model Bioindustri Berbasis Tebu dan Pengolahan Gula Merah

Seminar bulanan Balittas bulan Februari 2018 mengangkat tema “Pengembangan model Bioindustri berbasis tebu dan Pengolahan gula merah”. Tema ini diangkat terkait dengan kegiatan diseminasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 di KP. Muktiharjo yang bertujuan untuk mengembangkan model bioindustri dengan produk akhir gula merah dari tanaman tebu dan produk sampingannya.

Pemakalah Prof. Nurindah menyampaikan konsep, karakter dan ciri dari bioindustri pertanian. Model bioindustri ini akan memanfaatkan semaksimal mungkin input internal yang ada di KP. Muktiharjo meliputi tanaman, limbah tanaman, sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Prof. Subiyakto menyampaikan tahapan proses pengolahan gula merah disertai tayangan video dari beberapa sentra produksi gula merah di Sumatera, Kediri dan bahkan dari Kolombia.

Beberapa saran dan masukan dari peserta seminar diharapkan dapat turut memberikan perbaikan bagi rencana pelaksanaan kegiatan ini, terkait pelaksanaan pengolahan yang lebih higienis dan dukungan sarana dan prasarana.

Di akhir acara seminar, Bapak Kepala Balittas menggaris bawahi pentingnya melihat kembali salah satu program utama Badan Litbang Pertanian, yaitu penciptaan teknologi dan inovasi pertanian bioindustri berkelanjutan yang sangat berkaitan dengan kegiatan pengembangan model bioindustri berbasis tebu tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model yang dapat diadaptasi dan diimplementasikan di berbagai lokasi pengembangan tebu. (TDAA)

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.