Pertemuan Inisiasi Kerjasama Riset Balittas Dengan Department Of Human Ecology, Faculty Of Agriculture, Saga University, Jepang

Malang - Pada hari Senin dan Selasa 12-13 Maret 2018, Balittas menerima kedatangan Profesor Tsukasa Inaoka, Ph.D dari Department of Human Ecology, Faculty of Agriculture, Saga University, Jepang beserta tiga mahasiswa program Master (S2). Kedatangan tim dari Saga University tersebut adalah untuk menjajagi peluang kerjasama penelitian.

Rombongan diterima oleh Kepala Balittas beserta pejabat Eselon IV, Koordinator Program, Prof. Nurindah dan beberapa peneliti. Kegiatan diawali dengan perkenalan dari kedua belah pihak dan penyampaian profil Balittas, serta kegiatan penelitian pada tahun 2018. Secara umum, diskusi membahas dampak aplikasi insektisida terhadap lingkungan pertanian, dan secara khusus membahas produk pestisida botani (OrgaNeem) yang dihasilkan oleh Balittas dan telah dimanfaatkan secara luas pada pertanaman tembakau Na 0ogst.

Dalam diskusi ini dibahas peluang kerjasama penelitian tentang dampak aplikasi OrgaNeem pada pertanaman tembakau Na Oogst di Jember terhadap kesehatan lingkungan, terutama terhadap tanah pertanian di Jember. Topik penelitian ini dipertimbangkan untuk menjadi topik penelitian mahasiswa S2. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini akan disusun nota kesepahaman (MoU) antara Faculty of Agriculture, Saga University dengan Balittas untuk diimplemtasikan sebagai bentuk kerjasama riset internasional.

Selanjutnya tim Prof. Inaoka dan tim melakukan kunjungan ke beberapa fasiltas di Balittas, diantaranya adalah ke Laboratorium Terpadu, Laboratorium Entomologi (Insektorium, Lab Biokontrol, dan Lab Toksikologi), Fasilitas Penyimpanan Benih Jangka Panjang (Cold Seed Storage), serta Kebun Percobaan Karangploso.

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.