PAMERAN PARADE PANGAN NUSANTARA

Pameran Parade Pangan Nusantara diselenggarakan oleh TNI bekerja sama dengan Kementerian Pertanian pada tanggal 15–19 Januari 2014 di Lapangan Rampal, Malang. Balittas berpartisipasi dalam pameran tersebut. Berbagai acara disajikan dalam rangkaian Parade Pangan yaitu Sarasehan, Temu wicara dengan Menteri Pertanian, Pemecahan rekor MURI pembuatan tempe terbesar dan makan tempe terbanyak, serta pameran.

Pameran dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI, Moeldoko besertaMenteri Pertanian Republik Indonesia pada hari Kamis, 16 Januari 2014. Dalam sambutannya Menteri Pertanian menyampaikan bahwa dengan TNI kita bersama membangun kedaulatan pangan. Pada tahun 2030 krisis pangan akan mengancam, bukan bagi Indonesia saja, melainkan seluruh penduduk dunia. Hal ini disebabkan karena membludaknya jumlah penduduk serta minimnya lahan pertanian dan perubahan iklim tak menentu menjadi faktor utama ancaman krisis pangan. Sebelum acara pembukaan Parade Pangan Nusantara, dilakukan pembuatan tempe berukuran 6 x 9 meter yang tercatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Menteri Pertanian, Panglima TNI, dan Gubernur Jawa Timur turut berpartisipasi dalam pembuatan tempe tersebut.

Balittas mengisi pameran di stand Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bersama 4 (empat) UPT Badan Litbang lainnya yang ada di Jawa Timur, yaitu Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi); Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro); Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur (BPTP Jatim) dan Balai Besar Pasca Panen (BB Pascapanen),. Kementerian Pertanian membuka 3 stand yaitu: stand Badan Litbang Pertanian, stand Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, stand Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Balittas menampilkan produk komoditas mandat Balai yang terkait dengan pangan yaitu: wijen, bunga matahari, dan rosela merah berupa produk olahan, brosur penunjang, dan banner. Animo pengunjung terhadap stand Badan Litbang Pertanian cukup antusias, dan untuk stand Balittas khususnya, terdapat beberapa pengusaha yang tertarik pada materi yang ditampilkan..(Isni Tri Lestari)

 

Balittas mengisi pameran di stand Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bersama 4 (empat) UPT Badan Litbang lainnya yang ada di Jawa Timur, yaitu Balai Penelitian 

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.