Ir. Emy Sulistyowati, M.Agr.Ph.D

11 IR. EMY SULISTYOWATI MAG.PHD.jpg.thb       
Unit Kerja:  Indonesian Sweetener and Fiber Crops Research Institute
Pendidikan:  S-3
Jabatan: Senior Researcher
Bidang Penelitian: Breeding and Plant Genetics
   


Profile 
 


Dr. Ir. Emy Sulistyowati, M.Ag. Mendapatkan gelar sarjana pertanian bidang Budidaya Pertanian dari Universitas Brawijaya di Malang pada tahun 1985. Gelar Masters of Agricultural Biotechnology diraih dari pendidikan S2 yang ditempuh dari tahun 1993 sampai 1995 di Waite Institute, The University of Adelaide, Australia dengan tesis berjudul "DEVELOPMENT OF MOLECULAR MARKERS TO DISTINGUISH VESICULAR-ARBUSCULAR MYCORHIZAL FUNGI". Adapun kualifikasi doktor (Ph.D., tahun 2004) jurusan Bioteknologi diraih dari The University of Queensland, Australia (1998-2003) dengan disertasi berjudul "CUCUMBER MOSAIC VIRUS : VIRUS MOVEMENT, RESISTANCE, DISEASE SYMPTOMS, AND SUPPRESSION OF GENE SILENCING". Selama bekerja sebagai peneliti Balittas telah mengikuti pelatihan-pelatihan antara lain Teknologi Benih, Pengujian Mutu Serat, Statistika Pertanian, Teknologi Kultur Jaringan, dan Agricultural Biotechnology.

Yang bersangkutan diangkat sebagai pegawai negeri sipil di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat di Malang pada tahun 1989. Tugas utamanya adalah mengkoordinir dan melaksanakan penelitian pemuliaan tanaman kapas. Jabatan yang sekarang ini disandang di instansi tersebut di atas adalah sebagai Pemimpin Program Penelitian Serat Buah (Kapas dan Kapok) terhitung dari 1 April 2004.

Jabatan fungsional Ajun Peneliti Madya bidang Pemuliaan Tanaman telah diterima sejak tahun 1999 dan aktif berperan serta dalam pelepasan varietas unggul kapas Kanesia 1 Kanesia 9. Publikasi karya ilmiah baik sebagai penulis tunggal, penulis utama atau co-author telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah ataupun prosiding pertemuan ilmiah tingkat regional, nasional, maupun internasional dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

 

infografis

Terbitan

© 2015 Balittas. All Rights Reserved.