Muktiharjo : Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 di Kebun Percobaan Muktiharjo merupakan Audit khusus sebagai penambahan ruang lingkup terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu yang dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat.

Audit dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 27 – 28 September 2018. Tujuan audit adalah meninjau pemenuhan perluasan ruang lingkup sertifikasi terhadap standar yang relevan, dan memastikan kesesuaian sistem manajemen mutu terhadap kriteria audit. Auditor dilaksanakan oleh PT. Mutuagung Lestari. Tujuan penerapan ISO adalah untuk memantapkan kelembagaan dan memperbaiki manajemen Penelitian di Kebun Percobaan sesuai standar yang ditentukan, sehingga mampu memberikan dukungan dan kontribusi yang positif untuk menciptakan Agroinovasi.

Area audit meliputi: Pengendalian produksi dan Jasa, Pelepasan Produk dan Jasa, Pengendalian ketidaksesuaian terhadap keluaran, Informasi terdokumentasi, Pemeliharaan infrastruktur, Pendelegasian wewenang, Susunan organisasi Kebun, Kompetensi dan peningkatannya, Sasaran mutu kebun dan perencanaannya, Kebun Percobaan, Tahapan alur proses pelaksanaan penelitian, Evaluasi pelaksanaan Kegiatan penelitian, Analisa risiko dan peluang, Penyebab ketidaksesuaian internal dan eksternal, Kegiatan UPBS dan distribusi benih, Pemeliharaan tanaman plasmanutfah, dan Kunjungan langsung ke Lapang serta proses produksi Bioindustri.

Hasil Audit SMM – ISO terdiri dari: 1(satu) minor dan 7 (tujuh) saran. Kategori ketidaksesuaian (minor) harus segera dilakukan perbaikan dan mengirimkan bukti perbaikannya dengan batas waktu 2 bulan, sampai dinyatakan memenuhi syarat (close). Sedangkan untuk kategori saran harus tetap dilakukan perbaikan tetapi tidak harus dikirim ke Auditor, akan tetapi akan dilihat efektifitasnya pada saat audit berikutnya. (Moch. Machfud)

lokakarya-tanaman-serat-2018

PEMANFAATAN SERAT KULIT DAN BATANG ROSELA HERBAL (Hisbiscus sabdariffa var sabdariffa) UNTUK PULP KERTAS TEA BAG

Susi Sugesty, Rina Masriani, Judi Tjahjono, Putri Dwi Kathomdhani, Nurindah, Arini Hidayati Jamil


POTENSI CORE KENAF (Hibiscus cannabinus L.) UNTUK PRODUKSI BIOETANOL GENERASI DUA

Yanni Sudiyani, Muryanto, Eka Triwahyuni, Gian M. Ra’afi, Iman Firmasyah, Elda Nurnasari, Nurindah


STUDI PEMANFAATAN HASIL SAMPING PERKEBUNAN Agave sisalana L. Perrine SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN IKAN AIR TAWAR

Reza Samsudin, Elda Nurnasari, MTD Sunarno, Nurindah, AH Kristanto


EFEK JENIS SERAT ALAM DAN KONDISI PROSES TERHADAP SIFAT PEREDAMAN SUARA DAN FLEXURAL PROPERTIES KOMPOSIT UNSATURATED POLYESTER - SERAT ALAM

Hendro Sat Setijo Tomo


EKOTEKNOLOGI INDUSTRI RAMI DI INDONESIA (ETIR): STATE OF THE ART , PERSPEKTIF DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA

Asri Peni Wulandari


RAMI (Boehmeria nivea) DAPAT MENYERAP LOGAM BERAT TIMBAL DI DALAM TANAH (FITOREMIDIASI)

Budi Santoso, Mohammad Cholid dan Istikomah


PERSILANGAN KENAF (Hibiscus cannabinus L) DENGAN METODE DIALEL PENUH

Parnidi dan Marjani


EFEKTIVITAS RETTING EMBUN BATANG KENAF OLEH JAMUR PELAPUK PUTIH Trametes versicolor (L.) Lloyd

Arini Hidayati Jamil dan Marjani


INTENSITAS SERANGAN Oryctes rhinoceros L. PADA TANAMAN AGAVE (Agave sisalana Parrine)

Sujak, Parnidi dan Dwi Adi Sunarto


BRONESIA: VARIETAS UNGGUL BARU KAPAS BERSERAT COKELAT

Emy Sulistiowati, Taufiq Hidayat RS, Siwi Sumartini dan Moch. Machfud


PENGARUH LAMA DAN METODE PENYIMPANAN TERHADAP BENIH AGAVE HASIL KULTUR In Vitro (Agave sisalana L. Perrine)

Aprilia Ridhawati dan Parnidi


PELUANG DAN TANTANGAN PERBANYAKAN TANAMAN SERAT BATANG DAN DAUN MELALUI TEKNIK KULTUR JARINGAN

Aprilia Ridhawati dan Rully Dyah Purwati


VARIASI KETAHANAN PLASMA NUTFAH AGAVE BALITTAS TERHADAP PENGGEREK PUCUK (Oryctes rhinoceros)

Parnidi, Dwi Adi Sunarto dan Marjani


PEMANFAATAN LAHAN SUB-OPTIMAL UNTUK PENGEMBANGAN BIOINDUSRI BERBASIS TANAMAN SERAT

Nurindah


PEMANFAATAN HASIL SAMPING AGAVE UNTUK TREATMEN GREY WATER

Farida Rahayu


KARAKTER KIMIA CORE KENAF (Hibiscus cannabinus L.) DAN POTENSI PEMANFAATANNYA

Elda Nurnasari dan Arini Hidayati Jamil


EVALUASI KETAHANAN GALUR-GALUR HARAPAN KENAF (Hibiscus cannabinus) TERHADAP CEKAMAN ABIOTIK

Mala Murianingrum, Abdurrakhman, Untung Setyo-Budi


INFESTASI agrilus acutus th. (coleoptera: buprestidae) PADA BEBERAPA SPESIES TANAMAN SERAT BATANG

Dwi Adi Sunarto, Marjani, dan Nurindah


PEMANFAATAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) UNTUK PENGENDALIAN NEMATODA PURU AKAR (Meloidogine sp. (kofoid and white chitwood) PADA KENAF (Hibiscus cannabinus L.)

Kristiana Sri wijayanti


UJI EFEKTIFITAS FORMULASI PESTISIDA BOTANI MIMBA (PBM) + MINYAK SERAI TERHADAP PENGGEREK BUAH KAPAS Helicoverpa armigera

Sujak, Dwi Adi Sunarto dan Subiyakto


APLIKASI TEKNOLOGI SEED COATED DAN SEED DELINTED PADA BENIH KAPAS (Gossypium hirsutum L.)

Taufiq Hidayat RS, Nurindah, Anik Herawati


KINERJA ALAT GINNING KAPAS

Gatot Suharto Abdul Fatah dan Dwi Adi Sunarto


ECONOMIC BENEFIT DAN SOCIAL IMPACT SERAT KAPAS DI NTT

Teger Basuki dan Lia Verona


Pengembangan tanaman serat saat ini difokuskan untuk mendukung industri startegis misalnya industri tekstil, bidang energi, pertahanan dan keamanan, serta penyediaan bahan untuk material maju. Produk samping tanaman serat juga berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber pakan, energi dan bahan biofarmaka. Balittas telah menghasilkan teknologi tanaman serat, diantaranya adalah varietas-varietas unggul dan teknologi budi daya tanaman serat yang efisien dan ramah lingkungan.  Hilirisasi produk hasil penelitian tanaman serat berupa advokasi sistem budi daya, pasca panen dan produksi benih sumber tanaman serat untuk pengembangan komoditas.

Berbagai produk hasil tanaman serat sebagai bentuk diversifikasi produk berupa kain, tenun, kerajinan tangan, produk material maju seperti biokomposit panel bangunan, geotextile, pakan ternak, bahan kertas sekuritas, dan produk energi seperti bioetanol. Produk tersebut berpotensi besar untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan menambah devisa negara. Proses produksi dan mutu produk akhir pada industri strategis berbasis serat perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya saing produk di pasar Nasional maupun Internasional. Oleh karena itu, Balittas mengundang para peneliti, akademisi dan praktisi yang mempunyai aktivitas terkait dengan penelitian dan pengembangan tanaman serat untuk berpartisipasi aktif dalam lokakarya ini baik sebagai pemakalah maupun peserta.

Tujuan Lokakarya

  • Wahana untuk menyampaikan informasi hasil penelitian tanaman serat yang telah dilakukan.
  • Menghimpun potensi pemanfaatan tanaman serat untuk menghasilkan produk industri strategis yang berdaya saing dalam pasar global.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari/Tanggal
: Rabu, 14 November 2018
Waktu
: 07.30 WIB – Selesai
Tempat
: Aula Jatropha
Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat
Jl. Raya Karangploso KM. 4 Kotak Pos 199 Malang, Jawa Timur

Topik Bahasan Kegiatan:

  • Pemanfaatan Serat untuk produk material maju dan energi
  • Pemanfaatan hasil samping tanaman serat
  • Manajemen budi daya dan pasca panen tanaman serat
  • Agribisnis dan Keekonomian Tanaman Serat



leaflet lokakarya tanaman serat leaflet lokakarya tanaman serat

 

Balittas melakukan pengawalan dan monitoring bersama-sama dengan tim Kantor Pusat PTPN X, dan Puslit Gula Jengkol didampingi oleh tim dari PG yang terkait dalam rangka mendukung Program Peningkatan Produktivitas Hablur 10 t/ha (P 10 H), PTPN X. P 10 H merupakan kelanjutan dari Program T200/150 yang dilakukan tahun 2017 yang mencapai luas sekitar 200 ha yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing komoditas tebu melalui peningkatan produktivitas hablur 10 t/ha. P 10 H tahun 2018 ini arealnya lebih diperluas, diikuti oleh 9 PG di wilayah PTPN X dengan total luas tertanam sampai saat ini 716,72 ha terdiri dari 492,523 ha lahan TS dan 224,197 ha lahan TR atau 82% dari total lahan yang direncanakan (871,99 ha). (Prima DR.)

Malang : Balittas menerima kunjungan siswa-siswi dan guru pendamping dari SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo sebanyak 75 orang pada tanggal 1 Oktober 2018. Kunjungan diterima oleh Bapak Ka. Balittas Dr. Ir. Muhammad Cholid, M.Sc Dalam sambutannya beliau menyampaikan informasi tentang tugas dan fungsi Balittas dan mandat komoditas yang ada di Balittas.

Para peserta kunjungan nampak antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Bapak Ka. Balittas tersebut. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan harapan kepada para siswa agar dapat menggali informasi sebanyak mungkin dan memberi respon kepada Balai tentang pelayanan untuk memperbaiki kinerja balai selanjutnya.

Bapak wakil kepala sekolah Drs. Hari Murianto menyampaikan maksud dari kunjungannya. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk menambah informasi dan pengetahuan kepada siswa tentang penelitian dibidang pertanian khususnya pertanaman.

Acara dilanjutkan sesi diskusi bersama Bapak Dhiaul Khuluq, MP. selaku peneliti ekofisiologi. Beliau juga memberikan dorongan motivasi kepada para siswa untuk bersungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita. Diakhir acara, para siswa diajak keliling mengungjungi fasilitas penelitian dan petak pamer. (Admin)

Malang – Balittas menerima kunjungan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pemkab. Sumba Barat Daya, pada hari Senin 1 Oktober 2018 dalam rangka Magang Petani Tembakau. Acara magang tersebut dihadiri oleh 20 orang petani perwakilan Kab. Sumba Barat Daya.

Pemateri dalam magang tersebut adalah Ir. Mochammad Sholeh dan Ir. Joko Hartono. Ir. Mochmammad Sholeh memberikan materi mengenai Good Tobacco Practices, dimana budi daya tembakau berdasar Good Tobacco Practices seringkali mengacu pada pemilihan lokasi yang sesuai, pemilihan varietas serta kemurnian benih, serta cara budi daya yang seringkali dipengaruhi oleh waktu tanam, jarak tanam, pemupukan, pemeliharaan, panen dan prosesing.

Acara magang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ir. Joko Hartono, dengan materi Teknik Panen dan Pengolahan Pasca Panen Tembakau. Penanganan panen, terbagi dalam penentuan kemasakan daun serta prosesi pemetikan daun. Pengolahan pasca panen yang merupakan upaya dalam menyelamatkan atau meminimalisasi sisa tembakau yang telah dipetik hingga menjadi tembakau yang siap untuk dipasarkan. Proses pengolahan pasca panen tersebut terdiri dari sortasi, pemeraman, perajangan, pengeringan, dan pembungkusan. (Admin)

Malang- Balittas mendapatkan kunjungan dari staf pengajar Unversitas Hiroshima, Prof. Yutaka Nakashimada, 26–27 Oktober 2017. Pada hari pertama kunjungan, beliau berdiskusi dengan tim peneliti Balittas tentang penelitian yang dilakukan di masing-masing instansi. Pada kesempatan tersebut Kepala Balittas, Dr. Emy Sulistyowati menyampaikan ketertarikan untuk peluang kolaborasi penelitian antara Universitas Hiroshima, Jepang dan Badan Litbang Pertanian, Indonesia.

Pada hari kedua kunjungannya, Prof. Yutaka Nakashimada, menjadi narasumber pada seminar “Seminar Biomassa sebagai Bahan Biofuel”. Pada kesempatan tersebut ada pertanyaan apakah mikroorganisme di Indonesia berpeluang untuk bisa direkayasa menghasilkan energi/ farmakologi? Dalam tanggapannya Prof. Yutaka Nakashimada, mengemukakan bahwa Indonesia mempunyai potensi untuk menemukan mikroorganisme untuk direkayasa seperti morella. (Suminar DN.)

Malang - Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) menjadi tempat Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan Tebu yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Bogor. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 25-27 Oktober 2017. Dalam hal ini Balittas menyediakan narasumber dan tempat untuk praktek. Peserta sebanyak 38 orang penyuluh yang berasal dari 4 BPTP (BPTP Jambi, BPTP Gorontalo, BPTP Jawa Timur, dan BPTP Jawa Tengah) dan dari Dinas daerah pengembangan tebu di Jawa Timur. Selain mendapatkan bimbingan teknis untuk mendapatkan bibit yang baik, peserta juga mendapatkan leaflet pedoman teknis budi daya tebu, serta bibit yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan tebu di daerah masih-masing.

KERJASAMA PENDAMPINGAN BENIH ABAKA

Malang - Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang, tanggal 16 Oktober 2017 menandatangani MoU Pendampingan Benih Abaka melalui kultur jaringan antara PT. Retota Sakti dengan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat. Perwakilan PT. Retota Sakti dipimpin langsung oleh Saryanto Sarbini selaku direktur utama dan 5 orang stafnya. Kepala Balittas : Ir. Emy Sulistyowati, M.Ag., Ph.D, Ketua Program Serat: Prof. Nurindah, Peneliti Senior: Dr. Ir. Rully Dyah Purwati, M.Phil, Kasi Jaslit: Dra. Esti Sunaryuni dan Koordinator Kerjasama : Supriyadi, SP di ruang Diskusi Boehmeria.

Agenda penandatanganan MoU kerjasama tentang pendampingan abaka diawali dengan pembukaan oleh kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat. Dalam pembukaanya Kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat menyampaikan terimakasih atas kunjungan PT. Retota Sakti ke Balittas, untuk melakukan kerjasama pengembangan komoditas abaka, karena komoditas tersebut merupakan salah satu komoditas mandat Balittas. Tanaman abaka mempunyai serat tinggi yang selama ini sudah dimanfaatkan dan diserap oleh PT. Retota Sakti sebagai bahan baku kerajinan yang bernilai tinggi seperti, bahan kertas, wall cover, karpet, tirai dan lain-lain. Balittas sangat mendukung kegiatan ini dan berkomitmen untuk membantu baik dalam penyediaan benih, teknologi dan produk hilir dan merupakan bagian dari kegiatan PUI (Pusat Unggulan Iptek) Serat. Sambutan Direktur Utama PT. Retota Sakti Bapak Saryanto Sarbini, dalam sambutanya menyampaikan abaka di Indonesia mempunyai nilai serat yang baik tidak kalah dengan negara lain seperti Filipina. Indonesia merupakan negara yang besar dibandingkan dengan negara Filipina, sehingga diharapkan mampu bersaing dan menduduki posisi penting dalam penyediaan kebutuhan serat alam dunia. Selama ini PT. Retota Sakti bermitra dengan perusahaan serat Amerika yang masih mebutuhkan serat abaka dalam jumlah yang banyak, sehingga pasar serat alam Indonesia mempunyai peluang yang besar. Acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah (Supriyadi).

Malang – Dalam rangka menunjang program pemerintah untuk melakukan “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara” pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober 2017, Balittas mengadakan Sosialisasi IVA Test. Sosialisasi diadakan di Aula Jatropha diikuti oleh seluruh karyawati dan isteri para pegawai serta ibu-ibu pengurus DWP BPTP Jawa Timur.

Di Indonesia, kanker serviks telah memakan banyak korban, dan ada 20 kematian dengan 41 kasus baru setiap harinya. Kanker serviks sendiri disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Ada 120 tipe HPV yang telah diketahui, dan tipe 16 & 18 adalah yang beresiko tinggi menjadi penyebab kanker serviks. Banyak orang tidak tahu mereka terinfeksi HPV karena infeksi HPV seringkali tidak menimbulkan gejala.

Selain kanker serviks, kanker payudara juga merupakan ancaman bagi para wanita. Sampai saat ini penyebab kanker payudara belum diketahui. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan “sadari” (periksa payudara sendiri) untuk deteksi dini kanker payudara. Sekecil apapun benjolan yang ditemukan disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka pada tanggal 17 Oktober 2017 akan dilakukan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test dan CBE (Clinical Breast Examination) bertempat di BPTP Jawa Timur. Acara ini dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Badan Litbang Pertanian se Malang Raya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dan BPJS. (Indriati)

Kunjungan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia

Malang- Balittas mendapatkan kunjungan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia pada hari Jum’at, 6 Oktober 2017,. Pada saat ini, KPPU melakukan penilaian terhadap pengambilalihan saham PT Karyadibya Mahardhika dan PT Surya Mustika Nusantara oleh Japan Tobacco International Holding BV dan Japan Tobacco International. Kunjungan KPPU bertujuan untuk menggali informasi terkait bahan baku rokok (tembakau), maka melakukan kunjungan ke Balittas untuk berdiskusi terkait dengan 1) Penjelasan mengenai tanaman tembakau sebagai bahan baku rokok, 2) Pengolahan tembakau sampai menjadi rokok, 3) Perbedaan jenis rokok berdasarkan kandungan tembakau didalamnya, 4) Penjelasan mengenai sigaret kretek, rokok putih, dan cerutu, 5) Perusahaan perkebunan tembakau yang ada di Indonesia. Diskusi ini dihadiri oleh ketua program tembakau, Dr. Djajadi beserta para peneliti program tembakau (Suminar DN.).

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pencarian

Sosial media

Agenda Kegiatan

No event in the calendar
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31


infografis

Terbitan

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121
0530340
Pengunjung Hari Ini
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
Total Kunjungan
1131
23768
118445
98596
457874
656
530340

Your IP: 54.157.61.68
2019-05-23 01:51:30
© 2015 Balittas. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.