Nganjuk - Mr. Ken Kokubo, Mrs. Uechi Keiko Komisaris dan CEO PT. Sankurasiki Co.Ltd Tokyo, Jepang didampingi bapak Herizal (penerjemah) dari COOP perwakilan Jepang, bapak Irwan Ardiyanto COOP perwakilan Malang raya dan Ir. Untung Setyo Budi Peneliti Balittas, mengunjungi areal tanaman varietas Roselindo2 di Pace, Nganjuk milik bapak Suyitno salah satu alumni magang di Jepang LPK COOP Indonesia, dan juga binaan Balittas. PT. Sankurasiki, Tokyo, Jepang sebagai perusahaan industri makanan/ minuman memilih rosela herbal varietas Roselindo2 (warna ungu) sebagai bahan baku utama industrinya yg telah diteliti sejak 5-6 tahun lalu. Pada tahun 2018 ini sudah memasuki tahapan skala besar dan dipromosikan ke masyarakat jepang dan internasional pada kesempatan pameran, expo nasional maupun internasional di jepang. Rencana produk berbahan baku utama rosela herbal Roselindo2 akan segera dipasarkan di seluruh wilayah Jepang dan manca negara dengan standar industri mamin Jepang. Kebutuhan bahan baku kelopak rosela kering (teh rosela) tsb. PT. Sankurasiki bekerjasama dengan COOP Indonesia mengembangkan varietas Roselindo2 di Jawa Timur dengan petani binaan COOP yang telah mengikuti magang di Jepang dan pembinaan/ kawalan Balittas. (Untung SB.)

Pada tanggal 12-13 Maret 2018, peneliti BALITTAS, Roni Syaputra, SP. mengikuti training irigasi tebu di Thailand. Bentuk kegiatan training mencakup seminar dan kunjungan lapang (field trip). Training irigasi tebu ini dibutuhkan karena beberapa tahun terakhir pengembangan tebu di Indonesia dilakukan di lahan kering, sehingga air sebagai faktor pembatas sangat berpengaruh terhadap produktivitas tebu. Thailand sebagai salah satu negara pengekspor gula di dunia telah menerapkan teknologi irigasi untuk mencukupi kebutuhan air tanaman tebu.

Kegiatan pada hari pertama adalah Seminar Teknis dengan narasumber dari NETAFIM dilaksanakan di Bangkok. Dalam seminar tersebut dijelaskan tentang efektifitas dan efisiensi air dengan drip irrigation dibandingkan sistem irigasi yang lainnya. Pada sistem drip irrigation juga bisa dilakukan secara bersamaan pemupukan untuk jenis pupuk yang mudah larut di dalam air seperti Urea dan KCl yang dikenal dengan istilah fertigation, sedangkan untuk pupuk yang lambat larut seperti NPK diaplikasikan di tanah.

Pada hari kedua dilakukan kegiatan kunjungan ke lahan tebu distrik Dankhuntod, Nakhonratchasrima, yang termasuk lahan suboptimal yang sangat membutuhkan irigasi untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu. Dari hasil kunjungan lapang terlihat jika dilakukan pengairan dengan baik, tanaman tebu tumbuh dengan optimal tetapi jika tidak diairi dengan baik terlihat pertumbuhan tebu yang terhambat, ruas tebu lebih pendek

Dari hasil seminar dan kunjungan lapang yang diikuti oleh peneliti Balittas di lahan petani tebu di Thailand ini, diharapkan juga dapat dikembangkan di lahan tebu suboptimal di Indonesia, sehingga produktivitas tebu dan gula nasional bisa ditingkatkan dalam upaya mewujudkan swasembada gula nasional.

Malang - Sosialisasi Benturan Kepentingan bagi Penyelenggara Negara (ASN) di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat telah dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2018. Sosialisasi dilakukan oleh Tim Itjen Sus Kementerian Pertanian. Tim terdiri dari (Ketua: Bapak Ir. Yb Kuncoro Eko Pratanto, MM, anggota: Bapak Drh. Pujo Harmadi, MP., Akhmad Muslikh, SE., MM., dan M.Usnun Kurniawan, SP). Tujuan sosialisasi kali ini adalah untuk memberikan pandangan tentang benturan kepentingan yang sering terjadi di sebuah institusi. Benturan Kepentingan adalah situasi dimana penyelenggara negara memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan pribadi terhadap setiap penggunaan wewenang yang dapat mempengaruhi kualitas keputusan atau tindakannya, sehingga keputusan atau tindakan tersebut menyimpang dari orisionalitas keprofesionalannya dan akan berimplikasi pada penyelenggaran negara yang bersangkutan. Benturan Kepentingan sering pula dimaknai sebagai konflik kepentingan (conflict of interest). Diharapkan Balittas dapat membuat Pedoman Benturan Kepentingan di lingkungannya, sehingga dapat meningkatkan budaya kerja dan pelayanan prima kepada stakeholder, mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatkan integritas pegawai untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang bersih dan transparan dalam rangka melaksanakan komitmen Reformasi Birokrasi.

Malang – Rencana Kerja sama penelitian tahun 2018, antara Disbun Jatim dengan Balittas dihadiri beberapa perwakilan dari Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur diantaranya Ir. Hani Muhardiono, MM selaku Kabid beserta staf al : Ir. Paryanto, Bu Ririn, Bu Andri, dan bu Citra. Beberapa peneliti Balittas dianataranya Ir. Joko Hartono, Ir. Fatkhur Rochman, Sulis Nur Hidayati, SP, MP. Supriyadi, SP. Lia Verona, SE. MP. Nunik Eka Diana,SP. Kristiana SW, SP. MP. dan Sri Adi Kadarsih, SP. MSc. Pertemuan berisi agenda tentang kegiatan kerjasama yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018, baik yang terkait dengan kegiatan pemuliaan, budidaya maupun panen dan pascapanen. (Nunik Eka Diana)

Jombang - Rapat koordinasi evaluasi kelayakan teknis sumber benih tebu bertempat di kantor BBP2TP Surabaya di Jombang pada tanggal 15 maret 2018. Rapat dibuka oleh Kabid perbenihan BBP2TP dan dihadiri oleh Direktorat Perbenihan, institusi pemuliaan (Balittas dan P3GI), Dinas/UPTD Daerah Propinsi Jatim, Jateng, NTB, Sulsel dan PG terkait. Rapat bertujuan untuk menyamakan persepsi institusi pemulia terkait format laporan hasil evaluasi kelayakan sumber benih tebu dan menentukan waktu pelaksanaan evaluasi di lapang. Hasil rapat disepakati bahwa untuk tahap pertama evaluasi kebun benih tebu, dengan pendampingan oleh 3 tenaga pemulia/peneliti Balittas, akan dilakukan di PT. Sumber Makmur Sejahtera (SMS), Kabupaten Dompu, dari tanggal 20-24 Maret 2018. Lahan yang akan dievaluasi oleh Tim Gabungan Pemulia Balittas/PBT-BBP2TP seluas 26 ha. (Bambang Heliyanto)

Malang - Kunjungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung pada tanggal 13 Maret 2018 yang dihadiri oleh Ir. Abd. Wahid selaku Ka. Subbag Kerjasama Setda Kab. Bandung, Kurniadin staf Distan Kab. Bandung, dan pak Sambas selaku APTI Kab. Bandung. Balittas diwakili oleh Dr. Sesanti Basuki, M.Phil. Prof. Dr. Suwarso selaku tenaga ahli dan pengelola kerja sama Balittas. Kedatangan rombongan dari Kab. Bandung membicarakan tentang program kegiatan kerjasama antara Balittas dan Distan Kab. Bandung tentang Uji multilokasi tembakau unggul lokal Kab. Bandung. Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan membahas perjanjian kerjasama. (Nunik Eka Diana)

Malang - Pengawalan dan monitoring program peningkatan produktivitas tebu 150-200 t/ha (T150-200) dan hablur 15 t/ha dilakukan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat dan PT Perkebunan Nusantara X di wilayah sembilan Pabrik Gula di Jawa Timur. Program T150-200 dimulai musim tanam 2017/2018 di 23 kebun TR dan TS dengan total luas sekitar 200 ha yang tersebar di wilayah PG Watutulis, PG Krembung, PG Gempolkrep, PG Jombang Baru, PG Pesantren Baru, PG Tjukir, PG Meritjan, PG Ngadirejo, dan PG Mojopanggung. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tebu 150-200 t/ha melalui penerapan teknologi budidaya tebu dengan mekanisasi. Pencapaian target produksi tersebut dilakukan pengamatan dinamika pertumbuhan secara berkala mulai umur satu bulan hingga panen. Saran perbaikan untuk mencapai target parameter setiap bulannya didiskusikan di lapang untuk ditindaklanjuti dan terus dimonitor pada bulan berikutnya.

Penanaman pada lahan eks padi di lahan sawah berpengairan mulai April hingga Mei 2017 (4B-5B), di lahan kering yang bisa diairi sebagian besar dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2017 (6A-7B) dan di beberapa kebun bahkan ada yang tertanam bulan Agustus 2017 (8A). Varietas yang ditanam sebagian besar masih menggunakan Bululawang (BL) dan di beberapa kebun selain menanam BL juga menanam varietas VMC 71-238, Cenning, dan PS 864. PKP yang digunakan adalah 135 cm dengan mekanisasi dan ada yang 110 cm pada lahan kering.

Hasil pemantauan dan monitoring di lapang yang dilaksanakan pada akhir Pebruari 2018 oleh tim Balittas dan Kantor Pusat PTPN X bersama Puslit Jengkol di beberapa kebun menunjukkan bahwa tanaman tebu yang ditanam pada masa tanam 4B-5B mencapai tinggi tanaman 3,0-3,25 m dan diperkirakan tinggi tanaman masih bisa bertambah hingga 3,5 m dan taksasi produktivitas mencapai 169-197 t/ha. Tanaman tebu banyak yang roboh bila tidak dilakukan pembumbunan atau kurang optimal. Jumlah batang bervariasi dengan kisaran 10-13 batang/m. Di beberapa kebun tanaman tebu yang dibumbun tinggi masih tetap tegak. Menunda masa tanam sampai 6A-7B tinggi tanaman tebu di bawah tiga meter yaitu 2,46-2,86 m dan 2,25-2,56 m pada masa tanam 8A, taksasi produktivitas mencapai 100-158 t/ha.

Pengawalan selanjutnya ditujukan untuk peningkatan rendemen. Memasuki fase pemasakan batang saat ini perlu menjaga kelancaran drainase kebun, minimalisasi genangan, monitoring kedalaman muka air tanah dan pengamatan brix secara berkala (Prima D.R. dkk).

Malang - Pada hari Senin dan Selasa 12-13 Maret 2018, Balittas menerima kedatangan Profesor Tsukasa Inaoka, Ph.D dari Department of Human Ecology, Faculty of Agriculture, Saga University, Jepang beserta tiga mahasiswa program Master (S2). Kedatangan tim dari Saga University tersebut adalah untuk menjajagi peluang kerjasama penelitian.

Rombongan diterima oleh Kepala Balittas beserta pejabat Eselon IV, Koordinator Program, Prof. Nurindah dan beberapa peneliti. Kegiatan diawali dengan perkenalan dari kedua belah pihak dan penyampaian profil Balittas, serta kegiatan penelitian pada tahun 2018. Secara umum, diskusi membahas dampak aplikasi insektisida terhadap lingkungan pertanian, dan secara khusus membahas produk pestisida botani (OrgaNeem) yang dihasilkan oleh Balittas dan telah dimanfaatkan secara luas pada pertanaman tembakau Na 0ogst.

Dalam diskusi ini dibahas peluang kerjasama penelitian tentang dampak aplikasi OrgaNeem pada pertanaman tembakau Na Oogst di Jember terhadap kesehatan lingkungan, terutama terhadap tanah pertanian di Jember. Topik penelitian ini dipertimbangkan untuk menjadi topik penelitian mahasiswa S2. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini akan disusun nota kesepahaman (MoU) antara Faculty of Agriculture, Saga University dengan Balittas untuk diimplemtasikan sebagai bentuk kerjasama riset internasional.

Selanjutnya tim Prof. Inaoka dan tim melakukan kunjungan ke beberapa fasiltas di Balittas, diantaranya adalah ke Laboratorium Terpadu, Laboratorium Entomologi (Insektorium, Lab Biokontrol, dan Lab Toksikologi), Fasilitas Penyimpanan Benih Jangka Panjang (Cold Seed Storage), serta Kebun Percobaan Karangploso.

Bogor - Balittas mengirimkan 2 orang calon pustakawan untuk mengikuti Pelatihan Teknis Perpustakaan (Pengenalan Pengelolaan Perpustakaan) Lingkup Kementerian Pertanian di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Ciawi pada tanggal 4-10 Maret 2018. Pada pelatihan ini, banyak tambahan ilmu dan pengetahuan ttg perpustakaan yang diperoleh. Diharapkan pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dlm mengelola perpustakaan pada unit kerja masing" secara profesional. Narasumber pelatihan berasal dari Pustaka, Perpusnas dan widyaiswara PPMKP CIAWI. (Indriati)

Para peneliti tembakau Balittas yang dipimpin oleh Bapak Dr. Djayadi melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian bidang perkebunan Kabupaten Ponorogo. Acara tersebut sebagai upaya tindak lanjut rencana kegiatan eksplorasi dan pemurnian tembakau lokal Kabupaten Ponorogo yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Langkah pertama kegiatan evaluasi mengumpulkan semua benih tembakau dari varietas-varietas lokal yang ada di Kabupaten Ponorogo. Sentra penanaman tembakau lokal di Kabupaten Ponorogo tersebar di Desa Kaponan Kecamatan Mlarak, Desa Biting Kecamatan Badegan dan Desa Watubonang Kecamatan Badegan.

Berdasarkan informasi dari petani tembakau lokal di Kabupaten Ponorogo, tembakau rajangan halus varietas lokal Rejeb Cilik harga Rp. 250.000,-/kg , sedangakn tembakau rajangan halus varietas lokal Kedu Jinggo harganya mencapai Rp. 115.000,-/kg.

(Aprilia Ridhawati)

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pencarian

Sosial media

Agenda Kegiatan

No event in the calendar
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31


infografis

Terbitan

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121
0568174
Pengunjung Hari Ini
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
Total Kunjungan
1750
18665
156279
98596
495708
656
568174

Your IP: 54.226.4.91
2019-05-25 02:19:44
© 2015 Balittas. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.