Tags:

Kamis, 30 April 2020- Balittas Malang berpartisipasi dalam rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPH Bun) dibawah Kementan untuk membahas keberlanjutan Indonesia dalam Keanggotaan International Sugar Organization (ISO). Rapat yang dimoderatori oleh Norman dari pihak PPH Bun ini dihadiri oleh, Direktur PPH Bun, perwakilan dari P3GI, perwakilan dari Perdagangan, Komoditas, dan Kekayaan Intelektual Kementerian Luar Negeri (PKKI Kemlu) Novi DR, dan perwakilan dari Balittas, Dr. Titik Sundari, MP. (Kabalai), Dr. Budi Hariyono (Korprog), dan Prof. Dr. Subiyakto (Pj. Program Tanaman Pemanis Balittas). Diskusi dilakukan untuk melihat kepentingan/posisi tawar Indonesia dalam ISO serta manfaat yang didapat Indonesia dari ISO terhadap perkembangan pergulaan Indonesia. Pihak PKKI Kemlu meminta pendapat dari Balittas (Prof. Dr. Subiyakto) mengenai dampak positif dan negatif, sekiranya Indonesia keluar dari ISO, dan apakah Indonesia harus melanjutkan keanggotaan ISO nya. Balittas merekomendasikan agar Indonesia untuk tetap menjadi anggota ISO, yang selama ini dirasakan masih belum menemukan potensi maksimal dari keanggotaan Indonesia di ISO, karena pihak yang mewakili Indonesia di ISO tidak menghilirisasi informasi yang didapatkan dari rapat-rapat ISO selama ini. Sehingga diharapkan adanya transparasi dari perwakilan ISO Indonesia mengenai informasi yang didapatkan dari ISO agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan teknologi dan informasi yang ada sebagai sarana menyelesaikan tantangan sektor gula terutama pemenuhan swasembada gula di Indonesia.

17 Oktober 2019, Balittas mengadakan Seminar Bulan Oktober 2019 dengan mengundang Dr. Sumarno dari Puslitbangtan. Acara seminar dihadiri oleh peneliti dan teknisi Balittas, BPTP, Balitkabi, Balijestro, serta mahasiswa magang. Seminar dibuka oleh Kepala Balai Dr. Titik Sundari, MP. dengan moderator Ir. Gatot S.A.F., MP. Materi yang disampaikan oleh Dr. Sumarno dengan judul "GAP SEBAGAI PERANGKAT LUNAK DALAM PERTANIAN MODERN TANAMAN PERKEBUNAN". Seminar ini membahas mengenai beberapa isu penting pertanian modern, cakupan pertanian modern, perdaganan nasional dan internasional, technical barrier to trade/non tariff barriers, pengenalan Good Agricultural Practice (GAP) bersertifikasi dan komponen dari GAP, penerapan GAP, serta pertanian modern, ekologis, konservasif. Beliau juga menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah secara normatif dengan menggunakan konsep Integrated Crop Management (ICM) yang asli, serta fakta di lapangan dan respons dari sebagian masyarakat mengenai upaya tersebut.

 

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan, institusi, maupun organisasi. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu. Peran dan pentingnya Sumber Daya Manusia dalam organisasi adalah bahwa segala potensi sumber daya yang dimiliki manusia yang dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan baik secara pribadi individu maupun di dalam organisasi. Sumber daya tersebut yaitu waktu, tenaga dan kemampuan manusia (baik daya pikir serta daya fisiknya)  benar-benar dapat dimanfaatkan secara terpadu dan secara optimal bagi kepentingan organisasi. Sumber Daya Manusia sebagai faktor pertama dan utama dalam proses pembangunan dan pencapaian tujuan organisasi. Apabila di dalam organisasi sudah memiliki modal besar, teknologi canggih, sumber daya alam melimpah namun tidak ada sumber daya manusia yang dapat mengelola dan memanfatkannya maka tidak akan mungkin dapat meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi. Oleh sebab itulah pentingnya peran sumber daya manusia dalam organisasi itu sangat diperlukan sebagai unsur utama dan unsur pengendali keberhasilan organisasi. Oleh karena itu, Balittas mengadakan Rapat TIM SDM pada 3 Januari 2019 di ruang Boehmeria, rapat tersebut diadakan dalam rangka penyusunan strategi, evaluasi dan perencanaan untuk mencapai tujuan Balittas satu tahun kedepan.

Halaman 1 dari 36

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pencarian

Sosial media



infografis

Terbitan

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121
6931920
Pengunjung Hari Ini
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
Total Kunjungan
12939
0
12939
35648
12939
6727485
6931920

Your IP: 34.204.168.209
2020-06-01 13:29:50
© 2015 Balittas. All Rights Reserved.