Balittas memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap komoditas sebagai berikut : tanaman pemanis (tebu, bit, stevia), tanaman serat batang (rami, kenaf, rosela, jute, abaca, agave, linum, dan lain sebagainya) tembakau, serta tanaman minyak industri (wijen, jarak kepyar, jarak pagar, minyak kemiri, dan bunga matahari). Program penelitian tersebut dibuat berdasarkan Rencana Strategi Balittas tahun 2009 - 2014. Prioritas serta fokus penelitian berdasarkan pada minat stakeholders dan untuk mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi dengan menggunakan program - program sebagai berikut :

  1. Pengembangan varietas tembakau untuk menurunkan kadar tar dan nicotine, tahan penyakit, serta meningkatkan kualitas dan produktivitas.
  2. Pengembangan varietas kapas yang tahan A. biguttula dan hama penggerek buah, serta kekeringan, dan juga memiliki produktivitas tinggi serta kualitas serat yang tinggi.
  3. Pengembangan varietas unggul jarak pagar.
  4. Pengembangan varietas unggul kenaf untuk tanah kering serta tanah masam.
  5. Pengembangan varietas unggul wijen untuk lahan sawah setelah padi.
  6. Pengembangan varietas unggul rami.
  7. Pengembangan jarak kepyar di lahan kering.

Varietas unggul tersebut juga di lengkapi dengan paket teknologi penanaman dan kelayakan penelitian sosial ekonomi. Aktivitas Penelitian serta pelaksanaannya tersebut dievaluasi dan dimonitoring oleh tim yang dibuat oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Pembiayaan penelitian tersebut dianggarkan melalui APBN and kerjasama swasta serta pihak lain.

Bagaimana informasi yang tertera dalam website?

Database :

Sosial media

Buletin

Prosiding

Leaflet

infografis

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Jalan Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang
Jawa Timur, Indonesia
balittas@litbang.pertanian.go.id
balittas.malang@gmail.com
T:(0341) 491447
F:(0341) 485121

Sosial Media

Pengunjung Hari Ini1222
Pengunjung Bulan Ini29250
Total Kunjungan533397
Statistik created: 2018-09-24T17:50:39+07:00
UNITED STATES
US